Mitos Balung Buto Tampil di Pendhapi Gedhe Surakarta

0
335

Mitos Balung Buto yang hampir punah, merupakan bagian yang tak kalah penting dari penelitian Situs Sangiran. Anak muda di Sangiran sudah banyak yang tak kenal dengan mitos ini.
Melalui film, BPSMP Sangiran mencoba mengangkat mitos yang hampir punah ini. Selasa 24 April 2018, film yang mengangkat mitos ini ditampilkan di Pendhapi Gedhe Surakarta. Terdapat 2 film yang diputar dalam kegiatan Bioskop Keliling (Bioling). Pada 2 film ini, penonton diperkenalkan dengan mitos ini sebagai upaya mengajak masyarakat masa kini kembali mengerti dan memahami cerita rakyat ini.
Sebuah kisah kepahlawanan Raden Bandung membela rakyat jelata yang di zalimi oleh Raja Tegopati. Sebuah kejahatan yang ada di sosok Raja Tegopati akan kalah oleh kebaikan di sosok Raden Bandung.


Selain itu ada sebuah kisah masyarakat masa lalu yang percaya bahwa fosil merupakan benda magis. Benda yang dapat dimanfaatkan sebagai obat dan jimat.
Kisah ini direpresentasikan juga di Museum Sangiran. Sebuah kisah sebagai pembelajaran bagi masyarakat masa kini. Ingat bahwa masyarakat sukses jika mau belajar dari sejarah masa lalu. Sejarah masa lalu yang digunakan sebagai pengalaman untuk membuat langkah ke depan. Semua itu merupakan sebuah tujuan dari film ini, mengajak masyarakat ke masa lalu untuk belajar mencintai cagar budayanya. (Wiwit Hermanto)

TINGGALKAN KOMENTAR