Pemberian Imbalan Kepada Masyarakat Penemu Fosil di Situs Patiayam

0
1018
Kegiatan pemberian imbalan bagi masyarakat penemu fosil

Situs Patiayam merupakan salah satu situs manusia purba yang ada di Jawa, tepatnya berada di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kudus, Jawa Tengah. Situs Patiayam kaya akan peninggalan masa prasejarah berupa fosil yang dapat mengungkap kehidupan masa lalu baik dari budaya dan lingkungannya. Penemuan fosil yang ada di Patiayam cukup banyak dan lengkap baik dari fosil manusia purba berupa gigi geraham, peralatan penunjang kebutuhan hidup manusia purba berupa peralatan dari batu dan tulang, dan juga tinggalan fosil binatang yang beraneka ragam yang dapat menjadi salah satu kunci untuk mengetahui lingkungan masa lalu di Patiayam. Di Situs manusia purba yang terkenal dengan temuan fosil binatang dan alat-alat litik ini juga sudah dibangun museum.

Temuan fosil oleh masyarakat
Kepala Seksi Pelindungan Dody Wiranto S.S. M.Hum. memberikan sertifikat penemu fosil

Kepedulian masyarakat akan kelestarian fosil cukup besar, terbukti dengan banyaknya masyarakat menyerahkan temuan fosil ke pihak Museum Patiayam selaku pelestari situs.
BPSMP Sangiran melalui Seksi Pelindungan pada hari Selasa, 15 Mei 2018 mengadakan imbalan atau tali asih sebagai penghargaan bagi penemu fosil. Temuan fosil dari 33 penduduk terdiri dari berbagai fosil binatang. Jenis fosil yang ditemukan diantaranya kepala banteng, kaki gajah, alat tulang, kaki kuda air, rangga rusa, fragmen gigi hiu ,fragmen gigi dan gading. Penilaian imbalan dilakukan oleh tim ahli yang berkompeten untuk menentukan nilai berdasar keaslian fosil, kelangkaan, kejujuran dan informasi yang dikandung. Seperti Situs Sangiran yang kaya akan potensi fosil, Situs Patiayam juga menyumbangkan banyak pengetahuan bagi penelusuran jejak peradaban. (Duwiningsih, A. Nikko DS. )