Oleh-oleh Buku Sangiran Untuk Rombongan SMA N 1 Pleret

0
377

“Terima kasih atas bukunya, semoga membawa barokah dan manfaat bagi kami dan ke depan semoga BPSMP Sangiran mampu memberikan informasi melalui buku-buku yang lain”, kata Heri Widayati selaku Kepala Perpustakaan SMA N 1 Pleret.
Selasa, 12 Maret 2019 kunjungan rombongan SMA N 1 Pleret ke Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Krikilan merupakan salah satu program sekolah dalam pembelajaran luar kelas. Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk menambah pengetahuan dan wawasan siswa terutama di bidang sejarah.
Pada kesempatan ini, rombongan mendapatkan buku sebagai oleh-oleh yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan. Oleh-oleh buku ini merupakan sarana untuk menyampaikan informasi bagi siswa SMA N 1 Pleret, “Buku ini dapat bermanfaat bagi siswa yang belum ikut kemari pada kesmepatan ini”, lanjutnya.
Buku yang diberikan pada rombongan merupakan buku dengan bahasa populer sehingga mudah dipahami. Selain buku berjudul “Mengenal Situs Manusia Purba Sangiran”, perpustakaan sekolah diberikan buku trilogi berjudul, ”Sangiran Menjawab Dunia”, “Jejak Langkah Setelah Sangiran”, dan “Nafas Sangiran Nafas Situs-situs Hominid”.
Buku ini diharap dapat menambah koleksi perpustakaan SMA N 1 Pleret selain juga menjadi sumber referensi bagi para siswa. “Semoga menjadi manfaat bagi siswa terutama yang ingin menulis karya tulis siswa di sekolah”, ungkap Widayati.


Buku sebagai sumber pengetahuan akan membawa berbagai informasi yang dapat dimanfaatkan berbagai pihak. Menjadi sebuah keyakinan bahwa buku yang disampaikan pada perpustakaan SMA N 1 Pleret membawa informasi tentang Sangiran hingga jauh. Dengan beredarnya buku tentang Sangiran akan memberikan pengetahuan pada berbagai pihak selain juga sebagai salah satu kewajiban BPSMP Sangiran menyebarkan informasi.
Melalui buku ini, sebagai pintu pengetahuan akan memberikan pada masyarakat akan pentingnya pelestarian Situs Sangiran. Sebuah situs Kala Pleistosen yang sudah diakui dunia sebagai Warisan Budaya Dunia. Sebuah kebanggaan dari Sangiran bagi Bangsa Indonesia. (Wiwit Hermanto)