Buku Dengan Teknologi Guna Mendekatkan Sangiran dengan Generasi Milenial

0
420

Buku menjadi salah satu sumber pengetahuan yang sangat penting, menjadi sebuah penyampaian pikiran penulis pada pembacanya. Melalui buku, BPSMP Sangiran menyampaian berbagai informasi pada masyarakat.
Pada kunjungan SMA Negeri 1 Pleret pada hari Selasa, 12 Maret 2019, buku menjadi salah satu informasi berharga yang disampaikan pada rombongan. Rombongan berkunjung ke Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Krikilan untuk mendapatkan pengetahuan dan wawasan sebagai sarana belajar di luar kelas. “Kunjungan kami ini memiliki tujuan sebagai materi lapangan sekaligus menanamkan pada siswa bahwa bangsa ini memiliki kebesaran budaya. Ini harus ditanamkan sehingga siswa memiliki rasa memiliki dan bangga akan tinggalan masa lalu”, ungkap salah seorang perwakilan rombongan.


Pada kesempatan ini, BPSMP Sangiran memberikan buku berjudul “Mengenal Situs Manusia Purba Sangiran”. Buku ini merupakan karya penulis muda dari BPSMP Sangiran yang berangan-angan ingin mengenalkan Sangiran pada generasi milenial khususnya. Buku ini bercerita tentang kehidupan masa lalu di Sangiran dengan bahasa yang singkat dan mudah dipahami.
Buku ini menjelaskan berbagai peristiwa kehidupan masa lalu di Sangiran dengan memberikan gambaran yang sederhana tapi mampu mengena. Selain itu, buku ini juga “ditanamkan” aplikasi Augmented reality (AR) yang begitu “menggoda” generasi milenial. Dengan mengunduh aplikasi SangiranAR di Play Store, pembaca dapat menikmati kemudahan yang ditawarkan.
Kemudahan ini dengan mudah didapatkan oleh generasi milenial yang sudah terbiasa dengan kemajuan teknologi. Pemanfaatan kemajuan teknologi makin menarik generasi milenial sehingga mampu mendekatkan mereka dengan informasi tentang Sangiran. Hal ini menjadi kelebihan dari buku-buku yang diterbitkan oleh BPSMP Sangiran, “Kami berusaha memanfaatkan teknologi untuk mendekatkan generasi milenial yang sangat sadar teknologi dengan informasi tentang Sangiran”, ungkap Iwan Setiawan Bimas, Kasi Pemanfaatan BPSMP Sangiran.
Terobosan ini menjadi sebuah kemajuan bagi BPSMP Sangiran dalam upaya menyampaikan informasi pada masyarakat terutama generasi milenial. Untuk mampu mendekatkan generasi milenial yang merupakan generasi penerus bangsa, harus dengan apa yang mereka senangi. Melalui kemajuan teknologi, informasi tentang Sangiran akan lebih tersebarluaskan. Sebuah terobosan demi kemajuan dalam hal penyebaran informasi tentang Sangiran yang akan terus dikembangkan. (Wiwit Hermanto)