Kunjungan Direktur Jenderal Kebudayaan Di Pameran Warisan Dunia Jawa Tengah

0
603

Di sela-sela tugas beliau di Surakarta, Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid mengunjungi stan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran. “O, ini yang menjadi ramai di media,” kata beliau. Penjelasan kemudian diberikan secara langsung oleh Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Harry Widianto.

Tidak hanya mengenai sosok Homo erectus, koleksi-koleksi fosil fauna juga menarik perhatian beliau. Fosil rahang atas buaya jenis Crocodylus dan Gavialis, serta gading gajah purba jenis Stegodon. Harry Widianto menjelaskan bahwa ada 3 generasi gajah yang pernah hidup di Sangiran. Yang paling awal adalah gajah Mastodon yang hidup sekitar 1,5 juta tahun yang lalu, gajah Stegodon hidup sekitar 800 ribu tahun yang lalu. Dan generasi terakhir adalah Elephas yang hidup sejak 400 ribu tahun yang lalu dan hingga sekarang masih hidup di Sumatera.

Ternyata banyak sekali informasi dan pengetahuan yang dapat diperoleh dari kegiatan pameran ini. Oleh sebab itu, bagi warga Surakarta dan sekitarnya, silahkan hadir di acara Pameran Warisan Dunia Jawa Tengah di Surakarta, karena pameran akan ditutup tanggal 25 Agustus 2017. (ISB)