“Bioling” Hadir Di Hotel Dana Surakarta

0
757

Pameran Warisan Dunia Jawa Tengah yang dihelat di Hotel Dana Surakarta diikuti oleh berbagai peserta pengelola Warisan Dunia di Jawa Tengah. Salah satu peserta kegiatan tersebut adalah BPSMP Sangiran.

BPSMP Sangiran tidak hanya menampilkan koleksi fosil dan berbagai  pendukungnya, namun juga menghadirkan hiburan lain yaitu Bioskop Keliling (Bioling) untuk memberi informasi bagi pengunjung.

Materi bioling yg disajikan adalah film tentang Sangiran. Para penonton yang sebagian adalah pengunjung pameran terlihat sangat antusias menyaksikan film yang diputar. Pengetahuan tentang kehidupan masa lalu yang ada di Sangiran dengan kehidupan Homo erectus, penelitian yang berlangsung hingga saat ini, kehidupan masyarakat pada saat peneliti asing datang ke Sangiran, hingga kehidupan masyarakat yang bermukim di tengah Situs Sangiran dikisahkan dengan jelas.

Bioling menjadi salah satu media yang efektif dalam menyampaikan informasi sekaligus mempromosikan Situs Sangiran. Pemutaran bioling ini menjadi sebuah cara untuk dapat menghibur pengunjung pameran serta menanamkan pengetahuan mengenai kebudayaan khususnya Situs Sangiran. Penanaman pengetahuan yang dibungkus dengan hiburan ini diharap meningkatkan semangat, kecintaan, dan pelestarian Situs Sangiran. (Wiwit Hermanto)