Perpustakaan Sangiran

0
2129

Museum Manusia Purba Sangiran adalah museum yang berada di Jawa Tengah yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan benda-benda pra-sejarah. Museum Arkeologi ini berada di Jl. Sangiran Km 04 Krikilan, Kalijambe, Sragen. Di sini pengunjung dapat bermain sambil belajar, dimana disediakan fasilitas pendukung diantaranya adalah perpustakaan. Keberadaan  Perpustakaan BPSMP Sangiran ini untuk menunjang akses pengunjung agar lebih mudah untuk menambah informasi yang diperlukan. Seiring dengan perkembangan museum, perpustakaan BPSMP Sangiran juga mengalami perkembangan yang cukup berarti.

Perpustakaan Sangiran berdiri sekitar tahun 2010 dimana dulunya berada di ruang Seksi Pelestarian, akan tetapi sekarang sudah disediakan ruangan sendiri khusus perpustakaan. Lebih tepatnya berada di sebelah ruang kepala BPSMP Sangiran. Tempat ini disediakan untuk pegawai di Sangiran akan tetapi tidak menutup kemungkinan masyarakat umum yang ingin menambah referensi khususnya di bidang arkeologi bisa juga memanfaatkan perpustakaan ini.

Tujuan khusus dibuatnya perpustakaan Sangiran ialah agar dapat membantu masyarakat dan pegawai mendapatkan informasi yang diperlukan dan juga membantu peneliti untuk mendapatkan referensi dalam penelitiannya. Hanya dengan mengisi buku tamu yang disediakan, masyarakat, mahasiswa, atau pegawai sudah bisa mengakses buku yang berada di perpustakaan.

Koleksi buku perpustakaan Sangiran berhubungan dengan fosil manusia purba dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Ada juga laporan kegiatan dari semua seksi yang ada di BPSMP Sangiran yaitu Seksi Pelindungan, Seksi Pengembangan, dan Seksi Pemanfaatan. Laporan magang, laporan skripsi, laporan tesis, dan karya ilmiah juga ada di perpustakaan Sangiran. Jadi mahasiswa yang ingin mendapatkan referensi atau mencari laporan penelitian Sangiran terdahulu bisa mendapatkannya di perpustakaan Sangiran. (Mia Rachmayanti)