Hari Pertama, Pameran Warisan Dunia Jawa Tengah

0
864

Hari pertama Pameran Warisan Dunia yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah berlangsung dengan meriah setelah dibuka secara resmi pada tanggal 21 Agustus 2017. Pengunjung yang sebagian besar adalah pelajar dari seputar Solo Raya berbondong-bondong melihat pameran tersebut. Dengan didampingi beberapa guru mereka mencari pengetahuan mengenai tinggalan-tinggalan bersejarah yang menjadi Warisan Dunia di Jawa Tengah. Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Situs Sangiran adalah tinggalan bersifat bendawi. Sementara itu keris, batik, dan wayang adalah tinggalan yang bersifat non bendawi.

Sebagai salah satu peserta, BPSMP Sangiran meyajikan koleksi-koleksi unggulan dari Situs Sangiran berupa replika tengkorak manusia jenis Homo erectus, fosil fauna, artefak, komputer interaktif, film pendek, dan patung rekonstruksi manusia purba yang menjadi ikon Situs Sangiran.

  

Pengunjung sangat antusias untuk mencari informasi mengenai sosok Homo erectus tersebut dengan bertanya kepada pemandu. Tidak jarang pula patung “keluarga Homo erectus” tersebut diajak selfie oleh pengunjung. (ISB)