Saat SMA N 1 Pleret Disajikan Sebuah KebesaranNya

0
401

Dengan tujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan siswa, SMA Negeri 1 Pleret mengadakan kunjungan ke Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Krikilan pada hari Selasa, 12 Maret 2019. Rombongan ini terdiri atas siswa kelas XI IPS dan guru pendamping dengan total berjumlah 72 orang. “Kedatangan kami kemari adalah untuk mendapat pengetahuan dan wawasan bagi siswa kami, selain itu kami ingin siswa memiliki kebanggaan terhadap tinggalan bangsanya”, ungkap seorang wakil rombongan dalam sambutannya.


Pengetahuan sejarah terutama tentang Sangiran dan kehidupan purba menjadi salah satu materi pembelajaran di sekolah. Kegiatan kunjungan ini merupakan wadah untuk memberi siswa pengetahuan diluar kelas sehingga mampu membuktikan materi yang diperoleh di kelas. Materi teori yang kemudian dilanjutkan dengan mengeksplorasi di lapangan menjadi sangat penting bagi siswa dalam memahami materi pelajaran yang diperoleh dari guru-gurunya.
Dengan menyaksikan bukti-bukti tinggalan masa lalu dari kehidupan purba di Sangiran, siswa akan mengenal secara langsung yang kemudian diharapkan dapat memberi kebanggaan dihati nurani mereka. “Kunjungan kami ini memiliki tujuan sebagai materi lapangan sekaligus menanamkan pada siswa bahwa bangsa ini memiliki kebesaran budaya. Ini harus ditanamkan sehingga siswa memiliki rasa memiliki dan bangga akan tinggalan masa lalu”, sambung perwakilan rombongan.
Untuk memberi pengetahuan serta menanamkan nilai-nilai luhur tinggalan masa lalu itu, rombongan diajak berdiskusi, menyaksikan film tentang Sangiran, pemberian buku tentang Sangiran, dan berkeliling museum. Dengan diskusi, rombongan diharap lebih mampu menerima informasi yang disampaikan oleh pemandu maupun koleksi yang dipamerkan. Film menjadi sarana untuk memberikan berbagai informasi secara singkat dan menarik bagi rombongan.
Buku yang diberikan kepada rombongan merupakan sebuah media informasi yang disajikan secara ilmiah namun dengan bahasa populer sehingga mudah dipahami. Dengan menyaksikan koleksi yang dipamerkan, rombongan dapat menyaksikan bukti kebesaran-Nya yang ada di sekitar kita. Semua ini merupakan sebuah sarana mengedukasi masyarakat melalui gerak dan langkah yang dilakukan BPSMP Sangiran.
Mengedukasi masyarakat khususnya dalam hal kehidupan manusia purba di masa lalu yang dapat menjadi sumber pengetahuan. Sebuah gambaran kebesaran bangsa ini yang tidak didapati di semua tempat. Sebuah kebanggaan yang disajikan bagi generasi penerus, generasi itu hari ini adalah SMA 1 Pleret. (Wiwit Hermanto)