BPSMP Sangiran Siap Menyemarakkan Festival Museum Ranggawarsita

0
582

Pada tahun 2019 ini, Museum Ranggawarsita akan mengadakan Festival Museum Ranggawarsita dalam rangka merayakan ulang tahun ke-30. Tema yang diusung kali ini adalah “Diversity for Unity” (Keberagaman untuk Persatuan) yang akan diadakan pada tanggal 18-22 Juli 2019.
Acara ini rencananya diikuti berbagai museum di Jawa Tengah, Jakarta, Sulawesi Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, dan NTB. BPSMP Sangiran dalam kegiatan ini akan berpartisipasi secara aktif dengan mengirimkan koleksi yang menjadi masterpiece. Terpisah Iwan Setiawan Bimas, S.S. selaku Kasi Pemanfaatan BPSMP Sangiran menjanjikan, ”Koleksi yang akan turut dipamerkan dari Sangiran merupakan koleksi masterpiece kami, selain itu akan disiapkan hadiah menarik bagi pengunjung. Jadi kunjungi dan raih hadiahnya”.
Dalam rapat koordinasi dalam rangka persiapan pada hari Rabu, 3 Juli 2019 dijelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari promosi pariwisata dan kebudayaan Jawa Tengah khususnya dan Museum Ranggawarsita pada khususnya. Dalam konsep pameran yang disodorkan panitia, peserta akan dibagi dalam 7 zona yang merupakan 7 unsur kebudayaan menurut Koentjoroningrat.
Agung Kristianto selaku Kasi Pelestarian Museum Ranggawarsito mengungkapkan bahwa, ”Semua koleksi yang dipamerkan oleh peserta akan ditampung dalam 7 zona yang merupakan unsur kebudayaan dari Koentjoroningrat. Kami melalui kurator akan memilah koleksi peserta yang akan ditampilkan dan kemudian ditata, diharap peserta turut mengoreksinya sehingga semua bisa memberi pengetahuan bagi pengunjung”.
Selain pameran, direncanakan juga even-even lain seperti stan bagi pengusaha kecil dan menengah, band pelajar, tari pelajar, wayang kulit, dan berbagai lomba untuk anak dan pelajar. “Jadi festival yang kami adakan ini bukan saja mengetengahkan kebudayaan yang ada diberbagai daerah tetapi juga memberikan hal yang disenangi kawula muda serta masyarakat”, jelas Agung.
Untuk mematangkan kegiatan, panitia memberikan kesempatan bagi peserta Festival Museum Ranggawarsita untuk memberi saran dan masukan bagi pelaksanaan kegiatan ini. “Peserta boleh memberi kontribusi untuk kegiatan out door seperti kesenian atau menampilkan stan diluar stan pameran”, tawar Agung.
Dalam akhir rapat koordinasi ini disepakati bahwa peserta sudah siap menampilkan koleksi andalannya yang dapat memberi pengetahuan bagi pengunjung. Untuk mempersiapkan ini panitia dan peserta akan bekerjasama dalam memberikan informasi dalam Festival Museum Ranggawarsita tahun 2019. BPSMP Sangiran siap menyemarakkan Festival Museum Ranggawarsita dengan memberikan koleksi terbaiknya ditambah dengan buku yang akan menambah pengetahuan serta hadiah menarik. (Wiwit Hermanto)