Bioskop Keliling dari Balik Layar (Bagian 1)

0
88

Peran Bioskop Keliling

Bioskop Keliling atau yang sering disingkat Bioling merupakan bagian dari kegiatan rutin yang dilaksanakan BPSMP Sangiran melalui Seksi Pemanfaatan. Bioling menjadi salah satu cara untuk menyebarkan informasi dengan cara memutar film yang dilaksanakan secara berpindah-pindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Film yang diputarkan ini diharap mampu memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat.
Di setiap kegiatan, film yang ditampilkan diawal merupakan film-film yang diproduksi BPSMP Sangiran guna memberikan informasi sekaligus mengedukasi masyarakat. Film yang bercerita tentang kebesaran Situs Sangiran yang perlu dilestarikan guna diwariskan pasa anak cucu kita kelak. Dalam upaya pelestarian tersebut, diperlukan peran serta berbagai pihak yang tanpa henti terus melakukan perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan Situs Sangiran guna kepentingan pariwisata, pendidikan, dan juga penelitian.
Film selanjutnya bercerita tentang kisah masa lalu, kisah tradisi dan kepercayaan masyarakat Sangiran di masa lalu. Mitos Balung Buto, sebuah kisah yang jadi cerita yang dibawakan orang tua saat menemani anaknya tidur. Kisah tersebut saat ini sudah banyak dilupakan dan lunturkan oleh waktu.
Berbagai penjelasan melalui audio dan visual tentang museum yang ada di Sangiran, aktivitas masyarakat, serta upaya perlindungan dan penyelamatan fosil disajikan melalui film yang diputar dalam kegiatan Bioling.
Film-film yang diputar bioling membawa informasi yang mengedukasi masyarakat. Melalui film yang diputar dalam kegiatan bioling, membawakan dua peran sekaligus yaitu menyebarkan informasi dan mengedukasi masyarakat. (Wiwit Hermanto)

TINGGALKAN KOMENTAR