Ruwatan Bersama XXVI Tahun 2017 Lembaga Javanologi Yogyakarta

0
3304

Lembaga Javanologi Yogyakarta kembali menyelenggarakan Ruwatan Bersama secara lengkap dengan pergelaran wayang kulit lakon Murwakala. Ruwatan bertujuan mencari kedamaian, ketentraman, keselamatan, kesejahteraan dan kebahagiaan diri sendiri maupun keluarga. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka pelestarian tradisi budaya, dan sebagai wahana dalam rangka memfasilitasi masyarakat yang memiliki keyakinan terhadap tradisi dan budaya Jawa khusunya rencana dan program keluarga untuk meruwat putra-putrinya.
Adapun ruwatan bersama tahun 2017 ini akan diselenggarakan pada:
Hari/tanggal : Minggu Pahing, tanggal 3 Desember 2017
Tempat : Pendapa Agung Tamansiswa, Jalan Tamansiswa No.25 Yogyakarta.
Pukul : 07.30 – 15.00 WIB
Kegiatan ruwatan ini ditujukan untuk keluarga yang putra-putrinya termasuk salah satu dalam jenis sukerto seperti tercantum dalam lampiran informasi ini dapat mendaftarkan untuk mengikuti acara ruwatan bersama yang diselenggarakan oleh Lembaga Javanologi Yogyakarta tersebut.
Perlu diketahui bahwa keunggulan dengan mengikuti ruwatan bersama yang diselenggarakan oleh Lembaga Javanologi ini adalah:
1. Biaya yang dikeluarkan keluarga jauh lebih ringan dari pada menyelenggarakan sendiri, Karena
biaya penyelenggaraan dipikul secara gotong royong dengan cara iuran.
2. Pelaksanaannya mengacu pada pedoman/paugeran upacara adat tradisi budaya gagrag
Yogyakarta,
3. Pelaksanaan Ruwatan Bersama Lembaga Javanologi Yogyakarta selalu berpedoman pada Hasil Seminar Nasional yang diselenggarakan pada tahun 1990 dan dirumuskan oleh para pakar dan tokoh budaya Jawa.
Adapun biaya pendaftaran untuk mengikuti kegiatan ruwatan ini dijelaskan sebagai berikut.
a. Pendaftaran dan biaya fasilitas keluarga pada hari pelaksanaan untuk kedua orang tua
Rp. 500.000,- (Lima ratus ribu rupiah)
b. Biaya perlengkapan upacara adat ruwatan untuk setiap anak/sukerto Rp. 600.000,-
c. Bagi keluarga yang akan mengundang kerabat atau saudara lain untuk menghadiri dan mendampingi acara pada saat upacara ruwatan berlangsung sebagai pengombyong, maka dipungut kontribusi dengan cara membeli undangan seharga Rp. 50.000,-/ orang.
d. Adapun biaya tersebut meliputi:
Honor dhalang,ruwat lengkap dengan pergelaran wayang kulit beserta rombongan, tempat duduk, sesaji lengkap, upacara potong rambut, upacara kidungan, mori, bunga tabur, upacara siraman, pakaian kopohan/mori, handuk, bambu wongwang, konsumsi, PPPK dan lain lain

informasi lengkap silahkan buka tautan ini