Persiapan Kegiatan Lomba Pidato Berbahasa Jawa Tingkat SLTP se-DIY

0
839
Persiapan Kegiatan Lomba Pidato Berbahasa Jawa Tingkat SLTP se-DIY

Senin tanggal 14 Mei 2018 diadakan rapat persiapan Kegiatan Lomba Pidato Berbahasa Jawa Tingkat SLTP se-DIY. Rapat diadakan di ruang sidang pendapa Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Daerah Istimewa Yogyakarta (D.I. Yogyakarta). Rapat dihadiri oleh Kasubbag TU, Kepala, dan staf BPNB D.I. Yogyakarta yang menjadi panitia/kelompok kerja (pokja) kegiatan.

 

 

Kasubbag TU BPNB D.I. Yogyakarta membuka rapat, dilanjutkan dengan pengarahan dari Kepala BPNB D.I. Yogyakarta, dan disambung dengan pemaparan dari Ketua Pokja Kegiatan Lomba Pidato Berbahasa Jawa Tingkat SLTP se-DIY. Pada rapat pertama ini dibahas hal-hal awal rencana persiapan, termasuk di dalamnya pagu anggaran kegiatan dan teknis penggunaan anggaran pada tiap-tiap pos sub kegiatan yang ada. Dibahas pula penentuan tema, tatacara/aturan pada lomba, narasumber, serta hal teknis lainnya yang akan dilaksanakan pada saat kegiatan berlangsung.

Sasaran peserta pada kegiatan ini adalah siswa siswi sekolah lanjutan tingkat pertama di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah agar bahasa jawa pada umumnya dapat terus lestari, dan pada khususnya bahasa jawa krama inggil masih dapat terus dipahami, dan digunakan oleh generasi muda, agar kelak bahasa jawa akan tetap terus terjaga keberadaannya, sehingga turut membantu generasi muda menjadi lebih memahami budaya sopan santun yang merupakan budaya adiluhung peninggalan para leluhur kita.

 

Lestari Budayaku Lestari Negeriku,
Salam Budaya.
(bpw)