Penayangan Film dan Diskusi Nilai Budaya – BPNB DIY 2022

0
99
Penayangan Film dan diskusi Nilai Budaya BPNB DIY 2022

BPNB DIY, Maret 2022 – Kanca Budaya sedaya, Rabu 30 Maret 2022 kemarin, sejak pagi hingga sore hari, BPNB DIY menggelar kegiatan Penayangan Film dan diskusi Nilai Budaya, yang sekaligus sebuah wujud nyata untuk memperingati HFN (Hari Film Nasional) 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di hotel Solo Paragon & Residence kota Solo. Peserta kegiatan terdiri dari Siswa dan Siswi, guru pendamping, serta Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMA Negeri 1 Surakarta; Komunitas film, Dosen, dan Mahasiswa dari wilayah Solo dan sekitar. Turut pula menghadiri kegiatan, Kasubbag TU Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Jawa Tengah; Sihhono, S.T, M.M.

Kegiatan diawali dengan laporan awal oleh Kepala BPNB DIY, Dra. Dwi Ratna Nurhajarini, M.Hum. @nurhajarini ; dan kemudian dibuka secara resmi oleh Dra. Is Purwaningsih, M.Si. (Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) yang mewakili Kepala Disbudpar Kota Solo.Ikut pula unjuk kebolehannya, Sanggar Seni RNB @sanggarsenirnb menyajikan tarian “Dewi Srikandi”, yang tercipta dari adanya kegiatan Fasilitasi Pelestarian Nilai Budaya (PNB) 2021, dengan tujuan sebagai media pengenalan tokoh wayang kepada generasi muda.

Film yang ditayangkan adalah film-film yang tayang di Indonesiana.tv produksi BPNB D.I. Yogyakarta tahun 2021, yaitu:
1). Srinthil; 2). Kampung Pitu Nglanggeran; 3). Jamu: Mustika Nusantara. Kemudian tayangan tersebut dibahas dan didiskusikan bersama 3 Narasumber yaitu Tonny Trimarsanto @tonnytrimarsanto (Rumah Dokumenter); Herri Kristianto, S.Sos. @herri_k_sulam (Penulis Naskah Film); dan Tania Nugraheni Ayuningtyas, S.Par. @tanianugraheni (Jogjamu), yang dipandu dan dimoderatori dengan apik dan menarik oleh Joana Zettira @joanazettira

#bpnbdiy
#harifilmnasional

Galeri Foto