Bimbingan Teknis Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Angkatan II, Maret 2018

0
1956
bimtek pengelolaan bmn roum kemdikbud angkatan2 maret jogja

Yogyakarta, 7 Maret 2018 – Pada tanggal 7 s.d. 9 Maret 2018, Biro Umum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengadakan acara berupa kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) di Lingkungan kemendikbud Angkatan II. Kegiatan ini diadakan di Kota Yogyakarta, bertempat di hotel Grand Mercure, Jalan Adisucipto No. 80, Yogyakarta.

bimtek pengelolaan bmn roum kemdikbud angkatan2 maret jogja 2
peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya pada pembukaan kegiatan

Acara dibuka oleh Kepala Bagian BMN Biro Umum Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemendikbud, Ir. Wahyu Nugroho Senoaji, yang mewakili Kepala Biro Umum yang berhalangan hadir. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 105 orang, yang berasal dari 48 satuan kerja di lingkungan Kemendikbud, yang pada kesempatan ini Balai Pelestarian Nilai Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta (BPNB DIY) turut mengirimkan dua orang peserta pada kegiatan bimtek ini.

Mengacu pada Undang Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah serta untuk menjamin terlaksananya kesamaan persepsi secara integral dan menyeluruh, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan perlu melakukan upaya-upaya menuju pengelolaan BMN di lingkungan Kemendikbud.

Kegiatan Bimtek Pengelolaan BMN Kemendikbud dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan BMN khususnya dalam hal penggunaan, pemanfaatan, penghapusan dan pemindahtanganan BMN.
Tujuan dari kegiatan ini adalah :
(1) Memberikan pemahaman tentang tata cara pelaksanaan pengelolaan BMN di lingkungan Kemendikbud pada ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang terkini.

(2) Memberikan gambaran dan arah yang jelas dalam pelaksanaan pengelolaan BMN yang merupakan bagian dari tugas dan fungsi Kemendikbud serta mewujudkan tertib administrasi pengelolaan BMN dengan baik dan benar.

(3) Meningkatkan kemampuan dari pejabat/staf pengelola BMN dalam upaya mencapai tingkat akuntanbilitas kinerja pengelolaan BMN yang terus meningkat.

bimtek pengelolaan bmn roum kemdikbud angkatan2 maret jogja 3
narasumber memberikan paparan pada saat kegiatan

Kegiatan ini turut pula menghadirkan narasumber dari direktorat-direktorat di beberapa Direktorat Jenderal (Ditjen) lintas Kementerian dan Lembaga, yaitu dari Ditjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, Ditjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Turut hadir pula Inspektur Jenderal Kemendikbud, Daryanto, Ak., M.I.S., M.Comm., D.Dip.Com., QIA, CA, yang memberikan dukungan dan arahan kepada seluruh peserta kegiatan bimtek.

bimtek pengelolaan bmn roum kemdikbud angkatan2 maret jogja 4
Inspektur Jenderal Kemendikbud memberikan arahan kepada peserta kegiatan

Melalui kegiatan Bimtek Pengelolaan BMN di lingkungan Kemendikbud yang dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas sumber daya manusia pengelola BMN. Dengan meningkatnya kemampuan pengelola BMN pada masing-masing satker, diharapkan dapat terwujud 3 tertib pengelolaan BMN yaitu tertib administrasi, tertib hukum, dan tertib fisik/pengelolaan di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(sumber : biro umum setjen kemendikbud)
(bpw)