Belajar Bersama Mestro (BBM) 2019

Pendaftaran 22 Maret s.d 21 April 2019

0
3513
Belajar Bersama Mestro (BBM) 2019

 

 

BBM Kemendikbud 2019 – Belajar Bersama Maestro (BBM) merupakan sebuah wadah bagi para peserta didik untuk terlibat langsung dalam proses kreatif dan keseharian para Maestro Indonesia. Melalui kegiatan ini, peserta didik akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi tatap muka dan memperoleh pelajaran hidup yang berharga dari kehidupan Maestro. Selain bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai seni dan kebudayaan, Belajar Bersama Maestro juga diharapkan mampu membentuk dan memperkuat jati diri peserta didik sebagai penentu karakter bangsa di masa depan.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang secara rutin diadakan oleh Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2015. Melalui kegiatan ini, peserta didik diberi kesempatan untuk tinggal bersama dengan Maestro atau dengan masyarakat di lingkungan tempat tinggal Maestro. Konsep belajar demikian diharapkan mampu menginspirasi dan memotivasi para peserta didik, baik yang ingin menjadi penampil seni maupun tidak, untuk menghargai substansi seni dan merefleksikan diri mereka melalui proses berkesenian. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bentuk apresiasi pemerintah bagi pencapaian dan dedikasi para Maestro.

Peserta didik yang mengikuti kegiatan Belajar Bersama Maestro akan melihat langsung proses berkesenian yang setiap hari dilakukan oleh Maestro. Dengan menyaksikan lebih dekat dan berinteraksi langsung dengan para Maestro, peserta didik dapat menambah wawasan di bidang seni dan kebudayaan, serta memahami berbagai elemen dasar dalam proses kerja kreatif, seperti bagaimana langkah-langkah sang Maestro ketika menciptakan suatu karya. Tidak hanya itu, peserta didik juga dapat menyerap dan menikmati kearifan lokal dari masing-masing daerah tempat Maestro tinggal, sehingga peserta dapat mengeksplorasi dan berekspresi bersama teman-teman peserta lainnya.

 

Kegiatan ini melibatkan 20 Maestro aktif dan mumpuni di bidangnya. Dalam kegiatan ini nantinya akan mengupas lebih dalam kehidupan para pekerja seni di lima bidang seni yaitu seni rupa, seni musik, seni tari, seni media, dan seni teater.

 

Pendaftaran Peserta

Dilaksanakan pada tanggal 21 Maret – 21 April 2019.
Peserta didik yang memenuhi Kriteria :

  1. Peserta didik kelas X dan XI SMA/SMK/se-derajat Swasta/Negeri dari 34 provinsi;
  2. Memiliki dasar pengetahuan di bidang seni;
  3. Sehat jasmani dan rohani;
  4. Menggunakan media sosial secara aktif (facebook/instagram/twitter);
  5. Mampu menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan atau video;
  6. Belum pernah mengikuti kegiatan Belajar Bersama Maestro sebelumnya.

Peserta dapat mendaftarkan diri dengan cara :

  1. Login dengan alamat e-mail dan password yang sudah ditentukan. Apabila belum memiliki akun, dapat melakukan registrasi terlebih dahulu melalui menu Login/Register.
  2. Mengisi formulir riwayat hidup
  3. Memilih 1 (satu) Bidang Seni
  4. Mengunggah dokumen-dokumen berikut :
  • Surat aktif sekolah yang menyatakan bahwa peserta didik adalah siswa/siswi aktif kelas X/XI (download template)
  • Foto diri setengah badan (Pasfoto berwarna terbaru dengan ukuran 4×6, warna latar belakang bebas)
  • Tulisan esai atau karangan dengan panjang minimal 1000 kata, sesuai dengan petunjuk atau panduan.
  • Video kemampuan diri dalam bidang seni yang di kuasai dengan durasi maksimal 2 menit (diupload ke YouTube Dengan Judul “BBM2019_NAMA_DAERAH ASAL”)
  • Sertifikat/Piagam penghargaan

 

Seleksi Peserta

Dilaksanakan pada tanggal 21 April – 15 Mei 2019.
Seleksi peserta dibagi menjadi 2 (dua) tahap, yaitu seleksi administrasi peserta didik yang dilaksanakan oleh tim Kemdikbud, dan seleksi kompetensi peserta didik yang dilaksanakan oleh Tim Narasumber setelah lolos seleksi administrasi.

 

Pengumuman Peserta Lolos Seleksi

Diumumkan pada tanggal 22 Mei 2019.
Pengumuman peserta lolos seleksi akan dipublikasikan melalui situs Belajar Bersama Maestro : “https://bbm.kemdikbud.go.id

 

Daftar Ulang Peserta

Dilaksanakan pada tanggal  22 – 25 Mei 2019.
Peserta yang lolos seleksi untuk mengikuti kegiatan Belajar Bersama Maestro wajib melakukan daftar ulang dengan cara mengunduh formulir daftar ulang pada situs Belajar Bersama Maestro. Apabila peserta tidak melakukan daftar ulang pada jangka waktu yang telah ditentukan, maka peserta yang bersangkutan akan dianggap mengundurkan diri.

 

Pembekalan Maestro & Peserta

Peserta yang lolos seleksi dan telah melakukan konfirmasi/daftar ulang akan menerima pembekalan di Jakarta pada tanggal 28 – 30 Juni 2019.

 

Pelaksanaan Belajar Bersama Maestro 2018

Dilaksanakan pada tanggal 1 – 14 Juli 2019.
Peserta yang lolos seleksi dan telah melakukan konfirmasi/daftar ulang akan mulai melaksanakan kegiatan Belajar Bersama Maestro 2019 pada 1-14 Juli 2019 di lokasi masing-masing Maestro yang telah dipilih.

 

Informasi lebih lanjut kunjungi laman Belajar Bersama Maestro (BBM) Kemendikbud

 

 

Unduhan :

sumber : Belajar Bersama Maestro (BBM) Kemendikbud