Silaturahmi Grup Pidato Adat ‘Sekapur Sirih’

0
2127

Solok (BPNB Sumbar) – Pada hari Sabtu, 13 Mei 2017 Grup Pidato Adat Sakapur Sirih melaksanakan kegiatan silaturahmi. Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumatera Barat turut diundang dalam kegiatan tersebut dengan diwakili koordinator fungsional peneliti Undri, SS, M.Si. kegiatan ini dilaksanakan di Desa Koto Baru, Kabupaten Solok.

Dimulai dengan pidato adat, laporan ketua panitia, tausiah, dan kata sambutan dari berbagai pihak seperti ketua grup pidato adat, anggota dewan dan sebagainya, acara lalu dilanjutkan dengan makan bersama seluruh peserta beserta tamu. Kemudian acara dilanjutkan dengan pidato adat dan pembacaan doa dan foto bersama.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan dari beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh Grup Pidato Adat Sekapur Sirih. Sejak berdiri tahun 1980, grup pidato adat telah melakukan berbagai acara dan kegiatan rutin seperti latihan pidato adat sekali dalam seminggu, mengikuti berbagai festival, takziah pada kemalangan anggota dan menggelar acara silaturahmi setiap tahun menjelang bulan puasa. Hingga kini, kegiatan masih rutin dilaksanakan oleh keseluruhan anggota.

Sejak berdiri, sampai sekarang anggota grup pidato adat mencapai 171 orang terdiri dari laki-laki berusia 25 hingga 60 tahun. Keseluruhan anggota ini berada di empat surau yang ada di Nagari Kotobaru.

Menurut Undri, SS, M.Si, kegiatan silaturahmi ini merupakan kegiatan yang sangat baik dan perlu dipertahankan. Ia juga menambahkan kepada grup dan sanggar-sanggar yang ada di nagari Koto Baru untuk dapat memanfaatkan bantuan pemerintah khususnya di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk tujuan pengembangan nilai budaya setempat.