Seminar Hasil Kajian Nilai Budaya

0
738

Padang – Setelah melakukan kajian selama setahun, peneliti Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat melaksanakan seminar hasil kajian. Seminar ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut sejak Rabu-Jumat, 21-23 November 2018. Seminar diadakan di Hotel Grand Inna, Padang Sumatera Barat. Sebanyak 15 hasil penelitian diseminarkan baik kajian sejarah maupun budaya. Hadir sebagai keynote speaker dalam seminar ini Prof. Dr. Dwi Purwoko dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Kasubag Tata Usaha BPNB Sumbar Titit Lestari, S.Si, MP ini dihadiri oleh beberapa orang narasumber dari akademisi dan tokoh-tokoh dari daerah lokasi penelitian. Selain itu turut hadir dalam seminar ini perwakilan dari Balitbang provinsi Sumatera Barat, Balai Bahasa Sumatera Barat, Akademisi dan mahasiswa.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin BPNB Sumatera Barat setelah seluruh penelitian selama tahun berjalan selesai. Sebagaimana tugas dan fungsinya sebagai pelestari budaya, BPNB Sumbar selalu mengadakan kajian rutin berkaitan dengan sejarah dan budaya di tiga wilayah kerja yakni Sumbar, Bengkulu dan Sumatera Selatan.

Selain sosialisasi hasil kajian, seminar hasil kajian ini sekaligus sebagai ajang menambah pengetahuan akademis baik terkait metode maupun teori yang berkembang. Hal ini untuk memastikan bahwa peneliti senantiasa update perkembangan ilmu pengetahuan.

Dalam kesempatan itu, Dwi Purwoko menekankan penting untuk tetap fokus dalam melakukan kegiatan penelitian. Hal ini untuk memastikan bahwa hasil penelitian tersebut berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan. Dia juga menambahkan bahwa peneliti harus berani mengambil resiko, yang penting data yang diberikan valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Harapannya, hasil-hasil penelitian BPNB Sumatera Barat dapat bermanfaat khususnya hasil penelitian 2018.(FM)