Pengumuman Program Kerja BPNB Sumbar T.A. 2019

0
952

Padang – Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat mengumumkan Program Kerja 2019. Pengumuman dilakukan pada Selasa, 29 Januari 2019 di Ruang Rapat BPNB Sumatera Barat. Pengumuman ini  sekaligus menetapkan tim pelaksana semua kegiatan yang meliputi kajian, revitalisasi dan internalisasi nilai budaya. Dengan pengumuman ini artinya seluruh kegiatan sudah dapat dimulai.

Kegiatan tahun ini sesungguhnya merupakan terjemahan dari  tugas dan fungsi BPNB Sumbar sebagai pelestarian budaya. Kegiatan-kegiatan tersebut juga sudah rutin dilaksanakan di tiga wilayah kerja BPNB Sumbar yakni Provinsi Sumatera Barat, Bengkulu dan Sumatera Selatan. Beberapa kegiatan unggulan juga sama yakni Belajar Bersama Maestro, Gelar Budaya, Lawatan Sejarah Daerah dan Jejak Tradisi Daerah serta Fasilitasi dan Kemitraan.

Baca juga: Undangan Menulis Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya

Dalam kesempatan pengumuman tersebut, kepala BPNB Sumbar Drs. Suarman menekankan agar kegiatan 2019 dilaksanakan ke wilayah-wilayah yang sama sekali belum pernah atau jarang dimasuki. Hal ini sesuai dengan arahan Direktorat Jenderal Kebudayaan untuk menciptakan pemerataan di seluruh wilayah Republik Indonesia. Sehingga kegiatan kali ini akan menyasar daerah-daerah yang sama sekali baru.

Suarman juga menekankan agar setiap pelaksanaan kegiatan mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan. Hal ini untuk memastikan kegiatan berjalan dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan baik secara administrasi maupun aspek kemanfaatannya.

Bagi pegawai, kegiatan ini menjadi kegiatan pendukung Sasaran Kinerja Pegawai. Walau begitu, kegiatan tersebut sama pentingnya dengan kegiatan utama. Melalui pelaksanaan kegiatan ini diharapkan pegawai dapat mencapai realisasi sasaran kerjanya dengan baik, disamping mencapai tugas dan fungsi kantor sebagai pelestari budaya.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan tahun ini antara lain:

  1. Kajian Pelestarian Nilai Budaya di tiga wilayah kerja BPNB Sumbar
  2. Penerbitan Buku, Jurnal, Leaflet dan Booklet
  3. Inventarisasi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) di tiga wilayah kerja BPNB Sumbar
  4. Internalisasi Nilai Budaya di tiga wilayah kerja BPNB Sumbar (Jejak Tradisi Daerah, Lawatan Sejarah Daerah, Dialog Budaya, Belajar Bersama Maestro, Bioskop Keliling dan Pameran hasil kajian, Lomba Karya Tulis, Gelar Budaya, Festival Film Pendek serta Fasilitasi dan Kemitraan). (FM)