Mengenang Masa Kecil Lewat Permainan Tradisional

0
1997

Padang – Kembali ke masa kecil memang tidak akan pernah bisa lagi. Namun, mencoba melakukan aktivitas masa kecil dapat memunculkan kenangan akan kebahagiaan masa kecil. Hal itulah yang coba ditawarkan Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumatera Barat dalam pameran sejarah budaya di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat pada 16-18 November 2017. Selain menawarkan kesenangannya, pameran tersebut juga mencoba menggali dan mengenalkan karya-karya budaya tradisional yang saat ini semakin jarang ditemukan.

Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumatera Barat pada pameran kali ini memang menawarkan sajian  yang berbeda dari biasanya. Kalau sebelumnya hanya memamerkan buku-buku dan jurnal hasil penelitian, kali ini panitia menunjukkan langsung karya budaya. Beberapa diantaranya alat musik tradisional seperti bansi, talempong, pupuik batang padi serta gendang. Ada juga kerajinan tradisional seperti anyaman, termasuk proses pembuatan ketupat. Selain itu ada permainan tradisional berupa bakiak panjang, bakiak tempuruang, enggrang, congkak, yeye dan catur harimau.

Uniknya pada pameran kali ini, panitia tidak hanya mengenalkannya saja kepada pengunjung. Panitia malah menawarkan untuk berpraktek langsung dengan dipandu oleh orang yang ahli di bidangnya. Seperti mempraktekkan alat musik dengan didampingi pemain musik tradisi, mempraktekkan pembuatan ketupat serta permainan tradisional. Panitia juga menyiapkan alat-alat yang digunakan untuk belajar.

Terang saja, dengan tawaran untuk mempraktekkan tersebut membuat tertarik para pengunjung untuk mencoba. Para pengunjung yang didominasi para pelajar akhirnya berbondong-bondong untuk belajar, mencoba bahkan hanya sekedar bertanya untuk mengetahui. Bahkan, selama tiga hari pelaksanaan pameran selalu dipenuhi pengunjung.

Pada hari ketiga, pameran menampilkan permainan tradisional Sumatera Barat. Beberapa diantara permainan yang dikenalkan antara lain Bakiak Tempuruang, Bakiak Panjang, Catur Harimau, Enggrang dan Yeye. Seperti biasa pameran kali ini dipadati pengunjung. Semua bentuk permainan dicoba dengan riang gembira. Mereka seolah teringat masa-masa bahagia ketika masih anak-anak.