BPNB SUMATERA BARAT MENYAPA NAGARI DI KAB.SIJUNJUNG

0
140

Selasa 15 Maret 2022, BPNB Sumatera Barat melaksanakan kegiatan BPNB Menyapa Nagari di Desa Kampung Baru Kecamatan Kupitan Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan program/kegiatan BPNB Sumatera Barat dalam bidang pemajuan kebudayaan khususnya 10 (sepuluh) objek pemajuan kebudayaan dan program pemajuan kebudayaan desa/nagari. Keselurahan kegiatan untuk mendorong pemerintah nagari untuk pemajuan kebudayaan ditingkat nagari/desa. Kegiatan ini sejalan dengan UU nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat dengan tema Program BPNB Sumbar dan Pemajuan Kebudayaan, Aljasri Khatib Bungsu dengan tema Potensi Budaya di Desa Kampung Baru untuk Pemajuan Kebudayaan, berupa pasambahan waktu makan, minum, dan kematian, selanjutnya narasumber Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung dengan tema Kebijakan dan Program Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung dalam Bidang Pemajuan Kebudayaan, dan Epi Radisman Datuak Paduko sebagai Ketua LKAAM Kabupaten Sijunjung dengan tema Peranan Budaya dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Sijunjung.
Peserta terdiri dari komunitas, sanggar, Bundo Kanduang, Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa, seniman/budayawan, dan lainnya.

Dalam diskusi dihasilkan komitmen untuk pengembangan dan pemanfaatan potensi budaya yang ada di daerah tersebut, khususnya 10 (sepuluh) objek pemajuan kebudayaan yakni tradisi lisan, manuskrip, adat istiadat, ritus, pengetahuan tradisional, seni, bahasa, permainan rakyat, dan olahraga tradisional.