BPNB SUMATERA BARAT MENYAPA DESA GUNUNG SELAN DI KABUPATEN BENGKULU UTARA

0
238

Kamis, 24 Maret 2022, BPNB Sumatera Barat melaksanakan kegiatan BPNB Menyapa Desa Gunung Selan di Sanggar Tun Keme Desa Gunung Selan Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Acara di buka secara resmi oleh Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Bengkulu Utara. Peserta kegiatan terdiri dari Perwakilan Guru PAUD,  Penggiat Budaya, Sanggar, Pemangku Adat, Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa, Seniman/Budayawan, dan Masyarakat.
Narasumber dalam kegiatan ini adalah Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkulu Utara yakni Novian Mashuri, S.Pd, M.Pd dengan tema Pentingnya Desa Pemajuan Kebudayaan dalam Pembangunan SDM di Kabupaten Bengkulu Utara. Narasumber ke dua oleh Abdul Samid selaku Budayawan Suku Rejang dengan tema Pelestarian Kebudayaan untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Gunung Selan, Narasumber ke tiga  oleh Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumatera Barat yang diwakili oleh Kasubag Tata Usaha yakni Titit Lestari, S.Si, M.P dengan tema Program BPNB Sumbar dan Pemajuan Kebudayaan.
Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan program/kegiatan BPNB Sumatera Barat dalam bidang pemajuan kebudayaan khususnya 10 (sepuluh) Objek Pemajuan Kebudayaan dan program pemajuan kebudayaan desa/nagari. Keselurahan kegiatan untuk mendorong pemerintah nagari untuk pemajuan kebudayaan ditingkat nagari/desa. Kegiatan ini sejalan dengan UU nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Dalam diskusi dihasilkan komitmen untuk pengembangan dan pemanfaatan potensi budaya yang ada di daerah tersebut, khususnya 10 (sepuluh) objek pemajuan kebudayaan yakni tradisi lisan, manuskrip, adat istiadat, ritus, pengetahuan tradisional, seni, bahasa, permainan rakyat, dan olahraga tradisional.