Upacara Adat Monahu Ndau’u

0
6431

1.1Masyarakat Indonesia pada umumnya dan khususnya masyarakat Tolaki adalah masyarakat agraris, artinya kehidupannya sangat tergantung pada pertanian. Masyarakat Tolaki juga adalah masyarakat adat, hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945. Sebagai masyarakat adat tentu sangat terikat dengan berbagai kearifan lokal sebagai panduan kehidupan sosial, kemasyarakatan, maupun berbangsa dan bernegara. Kearifan lokal itu diantaranya yang berhubungan dengan pertanian seperti, Monahu Ndau’upada pesta syukuran pasca panen dan memasuki musim tanam berikutnya. Dalam acara Monahu Ndau’uitu terdiri dari beberapa tahapan kegiatan yang harus dilaksanakan, yaitu:

  1. Mombaka

1.2Pengertian mombaka secara harfiah adalah memberi makan, tetapi makna yang sesungguhnya adalah mensucikan; yang disucikan itu adalah peralatan pertanian mulai dari alat-alat yang akan digunakan dalam pengolahan kebun sampai alat untuk memproses padi sampai menjadi beras yang siap untuk dikonsumsi. Alat-alat itu seperti parang, sabit, pacul, kapak, lesung, niru, alu, dan lain sebagainya.

  1. Momboposuka

Pengertiannya adalah mengusir, mencegah, atau menyampaikan permohonan serta permintaan agar tidak mengganggu seluruh tanaman, baik itu hewan pengerat, makhluk halus (roh), dan termasuk serangga-serangga yang dapat mengganggu tanaman sehingga dapat menimbulkan kegagalan panen. Pelaksanaannya ini adalah dalam bentuk sesajen berupa nasi ketan hitam yang dimuat pada daun khusus yang dalam bahasa Tolaki disebut Tawa Umera.

  1. Mosehe

Pengertian mosehe adalah pemulihan, perdamaian, atau rekonsiliasi. Dalam konteks ini adalah terkait keberadaan manusia sebagai makhluk sosial yang memiliki ketergantungan dengan makhluk lainnya. Ketergantungan itu meliputi hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan alam, manusia dengan hewan dan tumbuh-tumbuhan, manusia dengan lingkungannya, maupun dengan Sang Hyang (Tuhan). Moseheini merupakan puncak kegiatan dari seluruh acara Monahu Ndau’u. Di wilayah Konawe (Kerajaan Konawe), dulunya tempat pelaksanaan Monahu Ndau’u hanya dilangsungkan pada tiga tempat yaitu:

  • Ambekairi

Yaitu wilayah bagian barat Kerajaan Konawe.

  • Benua

Yaitu wilayah bagian selatan Kerajaan Konawe yang sekarang ini sudah menjadi wilayah Kabupaten Konawe Selatan.

  • Paranua

Yaitu bagian utara Kerajaan Konawe yang letaknya ± 3 km dari ibukota Kabupaten Konawe.

Peralatan Mosehe terdiri dari beberapa jenis, yang masing-masing jenisnya memiliki makna yang juga langsung berhubungan dengan kehidupan manusia. Alat-alat itu adalah:

  1. Oduku (niru) adalah penapis beras untuk memisahkan yang baik dan tidak baik. Artinya manusia ini dalam hidupnya harus tahu memilah-milah antara perbuatan yang baik dan tidak baik, sesuatu yang baik hendaknya dilaksanakan dan yang tidak baik sebaiknya dihindari.
  2. Manu wila (ayam putih), diyakini manusia bahwa pada mulanya bumi ini hanya merupakan sebongkah tanah, ayamlah yang mengaisnya sehingga menjadi lebar dan luas. Disamping itu, manusia beranggapan bahwa seluruh makhluk yang ada di muka bumi ini ayam adalah binatang yang sangat disiplin dan menjaga waktu, dapat berkokok setiap jam, naik ke atas dahan tempat tidurnya pada waktu yang tepat sekalipun dia lapar. Demikian pula halnya saat dia turun, selalu tepat waktu, artinya manusia itu diharapkan untuk memanfaatkan waktu ini seefisien mungkin.
  3. Kalaru (kuningan). Kebanyakan kuningan kita temui dalam bentuk alat rumah tangga dan alat kesenian. Itu semua adalah benda-benda yang bernilai dan berharga sehingga menjadi ukuran sosial dalam masyarakat atau dengan kata lain bahwa manusia perlu berusaha untuk memenuhi kesejahteraan hidupnya.
  4. Obite (daun sirih).
  5. Owule
  6. Inea (pinang), sebuah simbol yang bermakna kekeluargaan terhadap sesama manusia. Setiap tamu yang datang berkunjung perlu kita suguhi sekapur sirih sebagai bentuk penghargaan. Hal ini dapat diartikan pentingnya manusia menjaga hubungan baik yang baik dan sikap saling menghargai antar sesama.
  7. Tapuo (kain) yang terbuat dari kulit kayu yang disebut takinawo. Artinya manusia perlu menggunakan pakaian yang baik untuk melindungi badannya, terutama untuk menutup auratnya.
  8. Iwoi (air). Selain air merupakan kebutuhan pokok setiap makhluk hidup, air juga diyakini sebagai alat untuk membersihkan semua kotoran maupun najis. Disisi lain, air juga membawa kesejukan dan dapat mendinginkan.
  9. Ana mbundi (anakan pisang) yang dibuat dalam bentuk perahu miniatus. Diyakini bahwa batang pisang bermakna penawar racun, artinya semua yang membahayakan kehidupan manusia harus dapat kita cegah termasuk malapetaka, wabah, kesialan, yang dapat dibuang jauh ke lautan luas dengan media perahu batang pisang tersebut.

 

1.2Sebelum rangkaian acara di atas dilaksanakan, terlebih dahulu diadakan kegiatan yang bersifat olahraga dan kesenian dalam rangka menyongsong acara puncak Monahu Ndau’u. Kegiatan itu disebut sambaka (suatu jenis permainan yang hanya dapat dilaksanakan pada momen-momen tertentu saja) sehingga pelaksanaan Monahu Ndau’u itu sangat ramai layaknya orang sedang melaksnakan pasar malam. Karena selain mengikuti olahraga dan kesenian, masyarakat juga berdatangan dari berbagai penjuru sambil membawa varietas yang akan ditanam pada musim tanam berikutnya.

 

Sumber foto: youtube.com