RAPAT KERJA SATUAN KARYA WIDYA BUDAYA BAKTI KWARTIR DAERAH PRAMUKA PAPUA

0
966
Ka.Kwarda Pramuka Provinsi Papua (Kristhin R.I.L. Mano Saat Pembukaan Raker didampingi Kepala Balai Arkeologi,Kepala BPNB Papua dan Dinas Pendidikan Provinsi Papua

Jayapura, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Papua menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah SAKA Widya Budaya Bakti tahun 2017 bertempat di Grand Abe Hotel. Rapat kerja yang dilaksanakan pada Senin (18/12/2017)  dibuka oleh Ibu Kristhina R.I.L.Mano, S.IP,M.AP selaku Ketua Gerakan Pramuka Daerah (Ka Kwarda) Papua. Dalam sambutan singkatnya beliau menyampaikan dalam kepramukaan sangat mengedepankan kebersamaan dan kekeluargaan seperti saling menyapa yang tidak membedakan dengan memanggil “Kakak”. Dengan keberadaan saka Widya Budaya Bakti maka  telah ada 11 satuan karya kedepannya diharapkan dengan kehadiran SAKA Widya Budaya Bakti dengan tujuh krida masing-masing krida pendidikan masyarakat, krida anak usia dini, krida pendidikan kecakapan hidup, krida bina nilai budaya,  krida bina sejarah, krida bina seni dan film,dan krida bina cagar budaya dan museum menjadi pilihan bagi generasi muda Pramuka dalam menyalurkan bakat. Selanjutnya ke depan dalam programnya Saka Widya Budaya Bakti mensinkronkan, menjalin kerjasama dengan Kwarda Papua terutama kegiatan seperti contoh kegiatan kemah budaya yang tiap tahunnya  diselenggarakan  oleh BPNB Papua. Hal ini penting karena agenda kemah budaya selain ditingkat daerah juga kemah budaya  tingkat Nasional yang  dilaksanakan tiap dua tahun  dan KWARDA Papua terlibat dalam mengutus peserta untuk mewakili Papua di tingkat Nasional.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Narasumber masing-masing Paulus Gandeguai dari Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Kristhin R.I.L. Mano dan Idris Khan dari Kwartir Daerah Pramuka Provinsi Papua.

Setelah pemaparan materi, rapat kerja yang difasilitasi oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya Papua ini pada sesi akhir sesuai agenda rapat yaitu  pembentukan  Pengurus Struktur Organisasi Saka Widya Budaya Bakti yang terdiri dari Majelis Pembimbing SAKA dan Pengurus SAKA Widya Budaya Bakti yang  melibatkan satuan kerja/Unit Pelaksana Teknis  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan di Papua antara lain  Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan ( LPMP) Papua, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Papua, Balai Bahasa, Balai Arkeologi, BP- PAUDNI  Reg VI yang pada kesempatan tersebut turut hadir dalam rapat kerja saka widya budaya bakti. Struktur yang terdiri dari Pengurus Majelis Pembimbing di ketuai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan anggotanya dan Pengurus Satuan Karya Widya Budaya Bakti diketuai Kepala BPNB Papua- Papua Barat dengan anggotanya masing-masing wakil dari UPT Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta KWARDA Pramuka Provinsi Papua.