Penyuluan Budaya BPNB Jayapura-Papua di Kab. Fakfak

0
1093

Dalam rangka Melestarikan Kebudayaan Kearifan Lokal”. Balai Pelestarian Nilai Budaya melaksanakan Penyuluhan Budaya di

pb
Penyuluhan Budaya di Fakfak

Kabupaten Fakfak pada tanggal 3 September 2013 di Hotel Fakfak.

Kegiatan penyuluhan budaya dibuka oleh Bupati Kabupaten Fakfak yang diwakili oleh Abraham Saulakan sebagai Asisten II Kab. Fakfak.

Mengacu pada visi pemerintah kabupaten Fakfak “Terwujudnya Masyarakat Fakfak yang Maju Mandiri dan Berkeadilan yang dilandasi dengan nilai-nilai religious dan kearifan local”. Menurut Kegiatan yang dilaksanakan oleh BPNB Jayapura-Papua sangatlah positif demi menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya orang Fakfak yang telah ditanamkan oleh para leluhur terdahulu, selain  itu dengan adanya kegiatan

ini dapat terbentuknya suatu muatan local yang dapat diajarkan di tingkat pendidikan sehingga generasi muda ikut serta melestarikan budaya kearifan local yang kita miliki.

Peserta dalam kegiatan ini melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, perempuan dan pemuda serta lambaga adat dan stakeholder lainnya.

Narasumber dalam kegiatan Penyul

uhan Budaya

  1. Apolos Marisan, S.Sos selaku Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Jayapura
  2. Kaliktus Tanggahma, S.Pd. selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.
  3. Abas Bahamba selaku Tokoh Masyarakat/Adat
  4. Pdt. John Wanane, S.Th M.Th selaku Akademisi/Tokoh Agama

Dalam kegiatan Penyuluhan Budaya ini melahirkan beberapa poin-poin penting antara lain Pelaksanaan Festival Budaya Domberai yang dijadikan agenda tahunan di Kabupaten Fakfak.