PEMBUKAAN KEMAH BUDAYA DAERAH PAPUA KE-13 TAHUN 2018 DI MIMIKA

0
780
Asisten Tiga Setda Kabupaten Mimika DR. I Nyoman Putu Arta Saat Membuka Kemah Budaya ke- 13 di Mil Point 21 Areal PT.Freeport Indonesia

Timika, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Papua bekerja sama dengan Kwartir Daerah Pramuka Provinsi Papua kembali menggelar Kemah Budaya Daerah Papua (KBDP) ke – 13 tanggal 15-20 Oktober 2018 di Kabupaten Mimika Provinsi Papua dengan tema “Gerakan Pramuka Maju Bersama Melestarikan Budaya Daerah Untuk Membentuk Karakter Dan Budi Pekerti Sebagai Jatidiri Bangsa”.

Kemah Budaya Daerah Papua (KBDP) yang ke – 13 tahun ini pelaksanaannya dipercayakan  kepada Kwartir Cabang (KWARCAB 2608) Mimika. Upacara pembukaan dan pelaksanaan perkemahan KBDP ke-13  dibuka oleh asisten tiga bidang pemerintahan umum Setda Kabupaten Mimika DR.I Nyoman Putu Arta yang didampingi Ka.Kwarda Pramuka Provinsi Papua Kaka Kristhina R.I.L.Mano, S.IP.M.AP, Wakapolres Mimika Kompol Arnolis Korowa beserta Danyon B Brimob Polda Papua Timika I Gede Putra,SH.SIK dan Kasubbag Tata Usaha BPNB Papua-Papua Barat Cahya Putra Istuningrat, SE.

Perkemahan  selama empat hari ini dilaksanakan di Mil Point 21 Areal PT.Freeport Indonesia dan  diikuti  sekitar 350 orang peserta dari beberapa Gugus Depan Pramuka dan Satuan Karya di Kwarcab Mimika. Adapun materi kegiatan yang dilaksanakan dalam perkemahan secara garis besar terdiri dari kegiatan rutin mencakup ibadah keagamaan, apel bendera, olah raga/senam pramuka kemudian  kegiatan utama berkaitan dengan budaya daerah papua seperti, penyuluhan budaya dan beberapa perlombaan seperti  permainan tradisional, kuliner tradisional khas papua dan beberapa atraksi seni budaya berupa pentas nyanyian daerah, tarian dan cerita rakyat.

Kegiatan kemah budaya yang tiap tahun dilaksanakan ini bermaksud memberi ruang bagi generasi muda khususnya di Papua untuk mengaktualisasi diri yang berorientasi pada proses penanaman dan pemahaman  nilai-nilai budaya daerah papua  dalam wadah kegiatan kepramukaan seperti kemah budaya.