KUNJUNGAN DIRJEN KEBUDAYAAN DI KABUPATEN JAYAWIJAYA

0
516

Wamena, Dalam agenda kunjungan kerjanya di Papua, Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Hilmar Farid,Ph.D setelah di kota dan Kabupaten Jayapura beliau mengunjungi Kabupaten Jayawijaya Provinsi Papua.

Sambutan Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid,Ph.D dalam acara tatap muka dengan pimpinan SKPD dan PTS di Kota Wamena

Selasa (1/02/2022), Dirjen bersama rombongan tiba di bandara Wamena. Sesaat setelah beristirahat di Hotel Baliem Pilamo, beliau bersama rombongan dengan didampingi Sekda Thony M.Mayor dan beberapa pimpinan perangkat daerah di Kabupaten Jayawijaya, rombongan mengunjungi dua lokasi di Distrik Kurulu yaitu koperasi masyarakat  pengolahan kopi Aluama Hubulama di Kampung Waga Waga dan melihat mumi Wimotok Mabel di Silimo Sompaima Kampung Jiwika. Setelah dari Kurulu rombongan Dirjen dan Sekda makan siang di lokasi wisata pasir putih Aikima di distrik Pisugi. Kembali ke hotel Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid bertemu dan diskusi dengan komunitas penggiat sosial di kota Wamena sebagaimana kegiatan yang sama sebelumnya di Kota dan Kabupaten Jayapura.

Mengakhiri kunjungan se hari di Kabupaten Jayawijaya, pada malam harinya  beliau menghadiri acara tatap muka dengan kepala SKPD Pemerintah Kabupaten Jayawijaya dan pimpinan 6 perguruan tinggi swasta (pts) yang ada di kota Wamena. Dalam sambutan di akhir acara tatap muka,  Dirjen Hilmar Farid menyampaikan sangat terkesan dengan kunjunganya ke Wamena kemudian menanggapi beberapa usulan dari KaDis Pendidikan, KaDis Pariwisata dan Kebudayaan dan ketua forum pts di Wamena. Menangkap dari kunjungannya beliau menyampaikan pemikiran yang luar biasa yaitu Lanskap Budaya Lembah Baliem untuk mendorong ini butuh komitmen, tanggungjawab besar dengan segala konsekwensi. Saatnya menempatkan kebudayaan sebagai hulunya pembangunan bukan lagi pada muara. Beliau juga menyampaikan tiga point penting berkaitan dengan persoalan noken setelah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO dan upaya penyelamatan yang dilakukan.