KEMAH BUDAYA DAERAH PAPUA KE – XII DI KOTA JAYAPURA 2017

0
1232

 

Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Papua Menggelar Kemah Budaya Daerah Papua Ke XII Tanggal 11 s/d 15 September 2017 di Puncak Isele     Waena Kampung Distrik Heram Kota Jayapura. 

Jayapura, Kemah Budaya Daerah Papua (KBDP) merupakan program kegiatan tahunan yang tiap tahun di laksanakan oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Papua dengan wilayah kerja mencakup Provinsi Papua dan Papua Barat. Kegiatan KBDP ini digelar secara bergilir di kabupaten-kabupaten di Papua dan Papua Bara.  Pada  pelaksanaan  KBDP  tahun ini adalah di Kota Jayapura dan merupakan KMBD ke- 12 yang digelar oleh BPNB Papua  bekerjasama dengan Kwartir Daerah Pramuka (Kwarda) Papua yang mengambil  lokasi perkemahan di halaman BPNB Papua gunung Isele Waena Kampung Distrik Heram Kota Jayapura yang direncanakan berlangsung tanggal 11 s/d 15 September 2017.

Persiapan Akhir Kemah Budaya Daerah Papua ke XII di Halaman BPNB Papua  

Kemah budaya daerah Papua  yang merupakan kegiatan unggulan BPNB Papua dengan  sasaran  peserta perkemahan adalah siswa siswi tingkat SLTA/sederajat yang terlibat dalam kulikuler kepramukaan yang mewakili  sekolahnya. Kegiatan KBDP ke – XII ini dikemas dalam tiga kategori kegiatan seperti kegiatan rutin yang mencakup ; ibadah keagamaan, upacara bendera, olah raga/senam Pramuka, anjangsana mencari sahabat dan kegiatan di masing-masing tenda kemudian kegiatan pengantar dan pelengkap mencakup ; upacara pembukaan, kegiatan berupa permainan persahabatan, penyuluhan dan pemutaran film, wisata dan upacara penutupan dan kategori kegiatan inti yang mencakup permainan tradisional, pentas seni budaya (nyanyian, tari, sastra dan musik tradisional, penjelajahan dan pengamatan budaya, festival masakan tradisional, bakti masyarakat dan karnaval budaya.

Pramuka dipandang sangat tepat sebagai  wadah pembinaan pembentukan karakter dan budi pekerti generasi muda yang strategis dalam upaya penanaman nilai-nilai budaya daerah dan Pramuka dipandang teruji kemandiriaannya,visioner dan berkembang maju pesat dari waktu ke waktu menembus perbedaan ras, suku, dan agama sebagai jatidiri bangsa yang luhur. Sehingga harapan dengan kegiatan perkemahan budaya daerah Papua ke – XII  memberi ruang dalam aktualisasi diri dalam yang berorientasi pada proses penanaman dan pemahaman akan nilai-nilai budaya daerah papua guna menciptakan dan membentuk ketahanan jati diri yang berkarakter baik Papua secara keseluruhan dan khusus di kota Jayapura dengan karakteristik keberagaman suku. “Hen Tecahi Yo Onomi T’mar Ni Hanased, Satu Hati Membangun Kota untuk Kemulian Tuhan”.***

Persiapan Akhir Kemah Budaya Daerah Papua ke XII