GERAK DASAR TARI PERGAULAN YOSIM PANCAR (YOSPAN)

0
25892
Tari Pergaulan Yosim Pancar (Yospan)

Tarian yosim pancar atau yospan termasuk jenis tarian pergaulan masyarakat di tanah Papua. Tarian ini terinspirasi beberapa gerak dasar tari dari beberapa suku di tanah Papua seperti Biak, Sarmi, Fak Fak dan daerah sekitar teluk Cenderawasih seperti Wandamen dan kepulauan Mor Mambor. Tarian yospan  berasal dari dua jenis tari yang berbeda yaitu yosim dan pancar.

Pada dasarnya ragam tari yospan terdapat lima ragam gerak dengan gerak yosim sebagai gerak perantara atau sendi dari ragam gerak yang satu ke ragam gerak berikutnya.

Lima ragam gerak tari Yospan antara lain;

  1. Gerak Seka; suatu ragam gerak di mana penari berjalan melenggang maju ke depan dengan hitungan setiap langkah kaki dihentakkan di atas tanah (panggung/pentas) dua kali. Ragam gerak seka mempunyai variasi yaitu seka biasa dan seka lima posisi berputar di tempat. Gerak Seka berasal dari tari pergaulan suku-suku bangsa yang mendiami bagian selatan pulau Papua tepatnya Timika, Kaimana hingga Fak Fak.
  2. Gerak Pacul Tiga; gerak ini pada dasarnya disebut dengan pancar Maneru (nama tempat di pedalaman pulau Biak). Pada gerak ini penari melenggang maju tiga langkah pada langkah ketiga berhenti dan membuang kaki kanan/kiri ke depan, ke samping kiri dan kanan menghadap ke depan sambil, menunduk/membungkuk dan kembali tegap. Gerakan ini sering dilakukan pada pesta rakyat
  3. Gerak Gale-Gale; gerak di mana penari berjalan melenggang maju dengan hitungan 4 langkah ke depan pada hitungan ke empat kaki diseret di atas tanah. Ada dua variasi gerak gale-gale yaitu gale-gale biasa dan gale-gale maju mundur. Gerak ini mendapat pengaruh dari tari pergaulan teluk Wondama dan kepulauan Mor-Mambor yang dikenal dengan tari balengan.
  4. Gerak Jef; gerakan jef pada tari yospan adalah gerak yang dipengaruhi oleh tari rock and roll. Gerakan ini muncul sekitar tahun 1969-1971. Gerakan jef adalah gerakan yang dilakukan pada hitungan pertama menghentakkan kaki kanan dua kali sedangkan di depan dan posisi tubuh agak serong kemudian meloncat-loncat membuang kaki kiri dan kanan dengan hitungan empat langkah dan kembali lagi ke grrak pertama. Terdapat empat variasi jef yaitu, jef biasa, jef ular/zig zag,jef robot/langkah dan jef sengsor.Ragam gerak ini terinspirasi dari luar Papua.
  5. Gerak Pancar; gerak pancar di mana penari melenggang maju ke depan tiga langkah. Hitungan langkah ke tiga dilakukan dengan meloncat ke depan dengan mendaratkan ke dua kaki (kaki kiri dan kanan) di atas tanah (pentas).Gerak pancar memiliki empat variasi gerak yaitu; pancar biasa ( pancar 1x), pancar suntung (pancar 2x), pancar sombong (3x) dan pancar cakalang. Gerak ini terinspirasi dari hewan dan kondisi perilaku lingkungan yang ada sekitar.

Dari lima gerak dasar dalam tari Yosim Pancar (yospan) di atas ada satu gerakan lagi yaitu gerak yosim. Gerak yosim merupakan gerakan sela saat menari dari gerak satu ke gerak berikut selalu diikuti dengan gerak yosim. Tari Yosim Pancar (yospan) ditarikan oleh  pria dan wanita bersama-sama secara berpasangan dengan berbagai variasi pola yang dikembangkan dan diiringi dengan  musik pengiring. Dalam perkembangannya tarian yospan saat ini mengalami perubahan terutama  terlihat penambahan  variasi gerak yang tidak sesuai lagi dengan gerak yang telah dibakukan oleh Dewan Kesenian Tanah Papua (DKTP). Kemudian formasi pola dan kostum yang semakin bervariatif. (arm)

Sumber; Tari Yosim Pancar (Enos Rumansara, dkk) BPNB Papua.