Bioskop Keliling Singgahi Air Gelubi

0
159
Pemutaran film nasional di SD 005 Bintan Pesisir. di Desa Air Gelubi.

Balai Pelestarian Nilai Budaya Kepri kembali menggelar kegiatan bioskop keliling. Kali ini menyeberang pulau. Bioling digelar di SD 005 Bintan Pesisir di Desa Air Gelubi, Bintan, Sabtu (15/4) kemarin. Pemutaran film dilakukan di pulau sehingga mobil bioling tak bisa dibawa ke sana.

Tim BPNB Kepri menggunakan pompong untuk menyeberang ke Air Gelubi. Tak sia-sia, kedatangan rombongan disambut warga Air Gelubi dan murid SD 005 Bintan Pesisir dengan gembira. Dua film pun disuguhkan untuk menghibur para pelajar yang diantaranya banyak yang orang suku laut. Film yang diputar berjudul: Joget Dangkong Moro dan Tanah Surga Katanya.

Ketua pelaksana kegiatan, Ardhiyansah mengatakan, panitia sengaja memutar film di pulau karena anak-anak pulau rindu dengan tontonan film nasional. Mereka pun survei ke Air Gelubi dan mendapat respon dari pihak sekolah. “Kami sangat senang sekali. Pihak kecamatan, desa dan desa sangat mengapresiasi,”kata Ardhi, kemarin.

Tim bioling BPNB Kepri naik pompong menuju ke lokasi acara.

Dua film sengaja diputar dengan maksud agar siswa bisa menonton sepuasnya. Selain itu juga mengenalkan budaya Kepri dengan memutar film Joget Dangkong Moro. Ke depannya, BPNB Kepri alangkah lebih bagus kalau memutar film dengan menjangkau pulau-pulau lainnya.

Dalam kegiatan ini juga apresiasi dari BPNB Kepri kepada peserta yang menonton bioskop keliling. Mereka mendapatkan hadiah. Ada dewan juri yang memberikan pertanyaan dan penilai kepada siswa. Dewan jurinya satu orang dari BPNB Kepri, yakni Novendra dan selebihnya dari guru.

Ini kegiatan bioling keempat yang digelar BPNB Kepri tahun 2017. Masih ada empat kali pemutaran film. Mayoritas kegiatan pemutaran film dilakukan di sekolah-sekolah.**