Pelepasan Purna Tugas Kepala BPNB (Balai Pelestarian Nilai Budaya) Provinsi Kalimantan Barat

0
200

Pelepasan Purna Tugas Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Kalimantan Barat, Dra. Hendraswati diadakan di Aula Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XII, Jalan Letjen Sutoyo, Pontianak pada Selasa, 28 Februari 2023. Pada kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XII, Dra. Dewi Murwaningrum, M. Hum.

Mengawali acara pelepasan ini, Kepala BPK Wilayah XII Dra. Dewi Murwaningrum, M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan bahwa tugas pokok dan fungsi BPK lebih kurang masih sama dengan BPNB, akan tetapi sekarang ditambah dengan cagar budaya. Artinya dulu mengurus intangible tapi sekarang juga mengurus tangible. Jadi bukan hal yang baru tetapi kita menambah sesuatu yang baru menjadi Balai Pelestarian Kebudayaan. Lanjutnya, beliau mengucapkan permohonan maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan, terima kasih banyak atas semua yang telah ibu Hendras persembahkan untuk BPNB Provinsi Kalimantan Barat dan BPK Wilayah XII. Pada prinsipnya pasti semua pegawai akan sampai kepada titik yang namanya purna tugas. Maka dari itu harus semangat memberikan yang terbaik untuk BPK Wilayah XII karena apapun dikerjakan hari ini akan menjadi kenang-kenangan di masa yang akan datang dan juga menjadi dasar pijakan untuk generasi berikutnya,” ucapnya.  

Kesan dan pesan dari Dra. Hendraswati merupakan rangkaian acara selanjutnya. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih sudah diberikan kesempatan selama 6 tahun untuk menjadi “nakhoda” di BPNB Provinsi Kalimantan Barat dan bekerja sama dengan semuanya sehingga bisa menjalankan aktivitas apapun pekerjaannya, baik itu terkait tusi, sosial, dan sebagainya. Di akhir sambutannya, beliau menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya jika ada yang merasa kecewa, sakit hati baik dalam hal aktivitas kelembagaan, keluarga, dan sebagainya selama 32 berkumpul. Oleh sebab itu, beliau tidak bisa menyampaikan seperti apa wujud terima kasih, hanya berdoa semoga senantiasa diberikan limpahan rahmat sehat sehingga aktivitas ke depan masih bisa dilalui bersama-sama,” tuturnya.

Selanjutnya, kesan dan pesan yang disampaikan oleh kepala BKSNT yang telah purna tugas (Musni Umberan). Beliau menceritakan betapa senang bekerja di BKSNT, dikarenakan dapat bertugas ke dalam negeri maupun luar negeri. Harapan beliau agar apa yang telah dikerjakan oleh bapak/ibu yang telah purna tugas di kantor ini dapat dilanjutkan oleh generasi selanjutnya.

Perwakilan dari PPNPN (Kusdianto), fungsional pelaksana (Saniri), dan perwakilan pamong budaya (Neni Puji Nur Rahmawati) merupakan rangkaian acara selanjutnya. Dalam kesempatan ini mengungkapkan rasa terima kasih atas jasa yang telah diberikan kepada BPNB Provinsi Kalimantan Barat. Kami berharap agar bisa mencontoh apa yang telah dilakukan dan berharap agar tidak melupakan pegawai di Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XII.

Sebagai penutup rangkaian acara ini yaitu penyerahan Surat Keputusan Purna Tugas oleh Kepala BPK Wilayah XII kepada Hendraswati, cinderamata dari BPK Wilayah XII, dan Jurnal Handep. Berikutnya diikuti penandatanganan berita acara dan serah terima uang sebagai anggota koperasi, ramah tamah, sajian pertunjukan musik para pegawai, foto bersama, serta dilanjutkan dengan makan saprahan.

Pada Kegiatan Pelepasan Purna Tugas ini turut dihadiri kepala/pimpinan dan staf pegawai BPNB Kalbar/BKSNT yang telah purna tugas, dan staf BPK wilayah XII, baik PNS maupun PPNPN. 

Seperti diketahui Dra. Hendraswati selama 32 tahun telah mengabdi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan menjabat sebagai Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Kalimantan Barat pada masa jabatan 2016 s.d 2022. Saat ini BPNB Provinsi Kalimantan Barat (wilayah kerja 5 provinsi) telah berganti nama menjadi Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XII yang dipimpin oleh Dra. Dewi Murwaningrum, M.Hum., dengan wilayah kerja Provinsi Kalimantan Barat.