Kunjungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat Ke Balai Pelastarian Kebudayaan Wilayah XII

0
316

Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XII, Dra.Dewi Murwaningrum, M.Hum. menerima kunjungan Dinas Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat di ruang kepala Kantor BPK Wilayah XII pada Senin, 6 Maret 2023.

Kunjungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Kalbar ke BPK Wilayah XII pada Senin, (6/3/23)

Dalam sambutannya Dra. Dewi Murwaningrum, M.Hum. menyampaikan beberapa poin di antaranya; 1) Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XII merupakan nama baru dari BPNB (Balai Pelestarian Nilai Budaya) yang mempunyai peran dan fungsi pelestarian cagar budaya dan Objek Pemajuan Kebudayaan (OPK) atau nilai budaya; 2) Prioritas kerja pada koordinasi dalam pembentukan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB); 3) Penginventarisasian Objek yang Diduga Cagar Budaya (ODCB) dan Warisan Budaya Takbenda (WBTb); 4) Kemitraan dengan stakeholder di Kalimantan Barat. Lanjutnya, bahwa kekhasan dan kekuatan wilayah Kalimantan Barat yaitu berada pada wilayah perbatasan dengan negara Malaysia, maka dapat dimunculkan sebagai isu dalam pelestarian kebudayaan yang tepat.

Foto Bersama dengan Kepala BPK Wilayah XII, Kasubbag Umum, Pamong Budaya dan Sejarah, Staf Keuangan, dan Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Kalbar beserta jajarannya

Hal senada juga direspon oleh Kepala Bidang Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat, Luh Gede Syoaryani, S.STP. M.AP., Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Dinas Kebudayaan berusaha untuk memaksimalkan beragam kegiatan pelestarian kebudayaan dengan keterbatasan anggaran namun dapat berdampak signifikan ke masyarakat. Rencananya, Kegiatan Gelar Sanggar Kesenian akan digabungkan dengan Kegiatan Festival Kuliner pada triwulan pertama, namun implementasinya pada saat sebelum atau sesudah lebaran. Diharapkan terdapat kerjasama yang ideal antara Dinas Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat dengan BPK Wilayah XII dalam pelaksanaan kegiatan, sehingga berdampak besar dan signifikan bagi masyarakat, “sambungnya.

Pada pertemuan tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat beserta jajarannya, Kepala BPK Wilayah XII didampingan Kasubbag Umum, pamong budaya dan sejarah, staf keuangan yang berlangsung secara hangat dan kekeluargaan.