Pelaksanaan Peringatan Hari Besar Islam di BPNB Provinsi Kalimantan Barat

0
203

Setiap bulan Rabi’ul Awal diperingati Hari Lahirnya Nabi Muhammad SAW. Maulid ini  merupakan suatu momen yang sangat penting dalam kehidupan Rasulullah dan juga agama Islam. Berkaitan dengan hal tersebut, Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Kalimantan Barat menggelar acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1444 H /2022 M bersama seluruh staf BPNB Provinsi Kalimantan Barat dan mahasiswa magang dari IAIN dan Fakultas Isipol Universitas Tanjungpura Pontianak. Kegiatan ini dilaksanakan di Musholla BPNB Provinsi Kalimantan Barat pada Selasa, 18 Oktober 2022.

Acara ini diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara, Neni Puji Nur Rahmawati S.Si. M.Sos. Pembacaan shalawat dipimpin oleh  Ustadz Daeng Muhammad Raki’I, S.H.I., dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Dra. Asnaini dan  Saritilawah oleh Tuti Awaliyah merupakan rangkaian acara selanjutnya. Berikutnya adalah  sambutan Kepala BPNB Provinsi Kalimantan Barat, Dra. Hendraswati. Sebagai puncak acara adalah tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Daeng Muhammad Raki’I, S.H.I., dan dilanjutkan dengan pembacaan doa. Pembacaan doa merupakan akhir dari acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan ditutup oleh pembawa acara.

Dalam ceramahnya, beliau menjelaskan keutamaan di Bulan Maulid Nabi Muhammad SAW, yaitu tingkatkan adab kita kepada sesama manusia, selalu banyak bersyukur dan berterima kasih atas karunia yang telah diberikan Allah SWT, selalu memperbanyak membaca salawat kepada Nabi Muhammad SAW, selalu sabar dan banyak bersedekah, dan selalu banyak membaca Al-Quran dan berzikir. Selain itu, beliau juga menjelaskan keutamaan dari istighfar, diantaranya diampuni segala dosa, dihindari dari segala bala’, Allah akan tinggikan derajat  bagi hambanya yang selalu berzikir.