Kasah Bide Sebuah Film Dokumenter Tayang di Bioskop BPNB Kalimantan Barat

0
76
Kelompok Ilmiah Remaja MTs. Negeri 2 Pontianak Mendapatkan Penjelasan Mengenai Film Dokumenter Kasah Bide, Bertempat di Bioskop Mini BPNB Kalbar, pada Rabu (10/3/21)

Bioskop mini Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalimantan Barat, Rabu (10/3/2021) menayangkan film dokumenter yang disaksikan oleh Kelompok Ilmiah Remaja Madrasah Tsanawiyah  Negeri 2 Pontianak.

Dalam kunjungannya, para siswa/i yang berjumlah 14 orang dan didampingi 3 (tiga) guru pendamping ini langsung diterima oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalimantan Barat, Moch. Andri WP. Kedatangan mereka di BPNB Kalimantan Barat untuk menonton film di bioskop mini BPNB Kalimantan Barat tersebut.

Di bioskop mini BPNB Kalimantan Barat, mereka menyaksikan film dokumenter  Kasah Bide. Kasah Bide ini mengungkapkan tentang anyaman tradisional yang berasal dari Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Selesai pemutaran film Kasah Bide, dilanjutkan dengan tanya jawab dengan Moch. Andri WP, selaku penulis dari Kasah Bide. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan informasi mengenai isi yang terkandung dari film dokumenter itu terutama mengenai pengetahuan lokalnya tentang proses pembuatan kasah bide baik mengenai jenis bahan baku, proses pewarnaan dengan daun tertentu hingga proses penganyamannya yang menghasilkan gradasi warna.

Banyak kesan dan harapan yang mereka sampaikan pada saat berkunjung ke bioskop mini BPNB Kalimantan Barat. Mereka sangat senang bisa berkesempatan untuk menonton film dokumenter yang diputar, karena dapat mengetahui dan menambah wawasan mengenai kerajinan tradisional di Kalimantan Barat. Harapan mereka agar bisa berkunjung lagi ke BPNB Kalimantan Barat. (Testimoni dari Resta Farhah, Amanda Bela). Kunjungan ini diakhiri dengan foto bersama seluruh siswa/i, guru pendamping dan Kassubag Tata Usaha BPNB Kalimantan Barat, Moch. Andri WP.

TINGGALKAN KOMENTAR