BPK Wilayah XII Gelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Tahun 2023

0
197

Balai Pelestarian Wilayah XII telah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) dan Sosialisasi Program Pelestarian Kebudayaan Tahun 2023 pada 10-12 Juli 2023 bertempat di Golden Tulip Hotel, Pontianak, Kalimantan Barat.

Kegiatan Rakornis BPK Wilayah XII
Tarian Rebana Penampilan Sanggar Andari Pontianak
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Kegiatan yang mengusung tema Sinergisitas Pemajuan Kebudayaan di Kalimantan Barat” ini menghadirkan 3 orang narasumber yaitu Drs. Fitra Arda, M. Hum. (Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan), Dra. Sri Hartini, M.Si. (Pamong Budaya Ahli Utama Direktorat Jenderal Kebudayaan), Kosasih Bismantara, SH. (Koordinator Substansi Hukum, Tata Laksana dan Kepegawaian), dan Drs. Marsis Sutopo, M.Si. (Ketua Perkumpulan Ahli Arkeologi Indonesia).

Laporan Kepala BPK Wilayah XII, Dra. Dewi Murwaningrum, M.Hum
Sambutan Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, dr. Harisson, M.Kes

Pembukaan  kegiatan diawali dengan Laporan oleh Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XII Dra. Dewi Murwaningrum, M.Hum. dan  secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, dr. Harisson, M. Kes. Pada sesi pembukaan ini diwarnai penampilan tari Rebana dari Sanggar Andari.Acara selanjutnya adalah pemaparan program BPK Wilayah XII, pemaparan para narasumber, dan diadakan sesi diskusi dengan para audien. Adapun peserta yang hadir dalam kegiatan ini di antaranya: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab/Kota se-Kalimantan Barat, akademisi, budayawan, Pegiat Budaya Kalimantan Barat, Komunitas/Perkumpulan budaya, para Pemilik CB /ODCB, dan UPT Kemdikbud di Kalimantan Barat.

Pemaparan materi oleh Dra. Sri Hartini, M.Si
Pemaparan Materi Oleh Kosasih Bismantara, SH

Acara selanjutnya adalah pemaparan program BPK Wilayah XII, pemaparan para narasumber, dan diadakan sesi diskusi dengan para audien. Adapun peserta yang hadir dalam kegiatan ini di antaranya: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab/Kota se-Kalimantan Barat, akademisi, budayawan, Pegiat Budaya Kalimantan Barat, Komunitas/Perkumpulan budaya, para Pemilik CB /ODCB, dan UPT Kemdikbud di Kalimantan Barat.

Sesi Tanya Jawab Kegiatan Rakornis
Penyampaian Hasil Sidang Dari Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis)
Foto Bersama Kegiatan Rapat Koordinasi Teknis

Melalui kegiatan ini diharapkan upaya-upaya pelindungan dan pemajuan kebudayaan daerah Kalimantan Barat dapat terlaksana dengan baik dan disertai dengan perencanaan yang matang serta menghasilkan langkah kerja yang kolaboratif. Dengan demikian dapat terjalin kesepahaman dan sinergisitas perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program bidang kebudayaan tahun 2023 antara pemerintah pusat dan daerah secara komprehensif.