Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XII Gelar Kegiatan Pembinaan Juru Pelihara (Jupel)

0
154

Sebagai garda terdepan dalam menjaga warisan Cagar Budaya, para Juru Pelihara (Jupel) harus memiliki perisai yang tangguh dalam memjalankan tugasnya. Maka dari itu, Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XII mengadakan Pembinaan Juru Pelihara pada tanggal 13 s.d 15 Juli 2023 di Hotel Orchardz A. Yani Pontianak.

Kegiatan yang dihadiri 54 Juru Pelihara dari 14 Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat ini dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XII, Dra. Dewi Murwaningrum, M.Hum. Tarian ‘Besatu Bangun’ yang dipersembahkan oleh Sanggar Kijang Berantai mewarnai seremonial pembukaan kegiatan yang mengundang beberapa narasumber bidang Cagar Budaya tersebut.

Narasumber tersebut di antaranya adalah Drs. Budi Istiawan (Pamong Budaya Ahli Muda dari BPK Wilayah XIV), Agus Satrianto, S.Sos. (Sub Koordinator Cagar Budaya dan Permuseuman Bidang Pembinaan Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar). Selain diberi materi arahan oleh para narasumber, para Juru pelihara diajak berkeliling ke Cagar Budaya yang ada di Pontianak. Perjalanan dimulai dari mengunjungi Vihara Bodhisatva Karaniya Metta, Masjid Jami’ Sultan Syarif Abdurrahman, Keraton Kadariyah, Makam Raja Batu Layang, dan diakhiri di Tugu Khatulistiwa.

Selanjutnya, Juru pelihara diberi kesempatan untuk memperagakan aktivitas memandu pengunjung pada saat bertugas di Cagar Budaya masing-masing.