Pembelajaran cagar budaya pelajar merupakan salah satu kegiatan yang diadakan oleh Unit Kerja Dokumentasi dan Publikasi dari BPCB DIY. Kegiatan pembelajaran cagar budaya pelajar ini merupakan kegiatan yang rutin diadakan Unit Kerja Dokumentasi dan Publikasi. Kegiatan ini diselenggarakan di Balai Desa Bokoharjo, Sleman DIY pada Sabtu 20 Mei 2017 dan Minggu di Aula SMAN 1 Wonosari Gunung Kidul tanggal 21 Mei 2017. Peserta pembelajaran cagar budaya pelajar ini adalah pelajar SMA dan SMK di Kabupaten Gunungkidul. Peserta yang hadir sejumlah 50 orang.
Kegiatan ini bertujuan memberikan pembelajaran tentang jurnalistik kepada para pelajar, meningkatkan apresiasi dan pengetahuan kalangan pelajar tentang cagar budaya yang mengarah pada terwujudnya pelestarian benda, bangunan, struktur, situs dan kawasan cagar budaya, dan sekaligus memperkenalkan potensi budaya yang ada di DIY dalam rangka memupuk rasa kebanggaan nasional dan mempertebal jati diri bangsa.
Acara pembelajaran cagar budaya pelajar dibuka oleh Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya D.I. Yogyakarta, Bapak Drs. Winston Sam Dauglass Mambo pada pukul 09.00. Setelah pembukaan dilanjutkan dengan pemberian materi. Materi dari pembelajaran cagar budaya pelajar meliputi:
- Dokumentasi dan Publikasi Cagar Budaya bagi Pelajar oleh Bapak Ign. Eka Hadiyanta.
- Pengenalan dasar-dasar Jurnalistik oleh Krisno Wibowo.
- Praktik Jurnalistik di Candi Ijo dan Tebing Breksi.
- Praktik membuat feature di ruangan.
- Evaluasi.
Pemberian Materi berada di dua lokasi. Pada hari pertama (Sabtu, 20 Mei 2017 ) dimulai dari jam 09.15 sampai 11.00 materi diberikan di dalam ruangan. Setelah pemberian materi, dilakukan ekskursi (praktik lapangan) di Candi Ijo dan Tebing Breksi. Sesi ekskursi ini berakhir pukul 14.30.
Sementara kegiatan pada hari Minggu, 21 Mei 2017, juga praktik di dalam ruangan. Kegiatan praktik meliputi pembuatan berita feature. Sesi terakhir di hari kedua ini adalah evaluasi. Sesi Evaluasi ini diisi dengan presentasi dari sejumlah siswa peserta pembelajaran cagar budaya pelajar mengenai hasil tulisan featurenya. Baik saat praktik outdoor maupun praktik indoor. Dari sesi ini menunjukkan antusiasme peserta dalam mengikuti pembelajaran cagar budaya pelajar. Setelah sesi ini, pembelajaran cagar budaya pelajar pun ditutup oleh Ka. Unit Kerja Dokumentasi dan Publikasi. (Shinta Dwi Prasasti)