Rumah Belanda Loa kulu

0
1097

Rumah Belanda

Secara adaministrasi Rumah Belanda Loa Kulu berada di Jl. A. Yani, Kelurahan Loa Kulu Kota, Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegar, Provinsi Kalimantan Timur. Aksesibilitas saat ini untuk bisa sampai ke bangunan tersebut dapat mengunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Rumah Belanda 
Denah Rumah Belanda

Latar Sejarah: Bangunan rumah belanda dinas OBM ini pada awalnya adalah milik perusahaan OBM dan kemudian dihadiahkan kepada karyawan OBM yang pribumi. Sekarang bangunan ini telah menjadi aset Pemerintah Daerah Kutai Kartanegara.

Fungsih: Tempat Tinggal

 

Deskripsi: Bangunan ini terbuat dari tembok bata dengan atap dari sirap kayu. Pada bagian depan bangunan terdapat teras, teras ini berupa bangunan yang menjorok kedepan dengan tiang dari kayu, pada bagian samping teras ini terdapat tembok pendek, selain sebagai tempat dudukan tiang, tembok kecil ini bisa juga dipakai untuk tempat duduk. Bagian dalam bangunan terdiri dari enam ruangan.

Selain itu juga pada bagian halaman samping kiri halaman terdapat bangunan lain yang lebih kecil. Bangunan ini berbentuk persegi panjang(memanjang kebelakang), bangunan ini di bagi 4 ruangan(kamar) dengan pintu menghadap ke luar(halaman), masing‐masing ruangan terdapat satu pintu. Bangunan ini terbuat dari tembok bata dengan atap sirap.

TINGGALKAN KOMENTAR