Prasasti Pasir Cina Kepulauan Karimata Kalimantan Barat

0
289

Prasasti Pasir Cina

Situs ini pertama kali diteliti oleh Balar Kal-Sel pada tahun 2010 dalam kegiatan Eksplorasi Arkeologi di Kepulauan Maya – Karimata. Prasasti Pasir Cina merupakan prasasti dengan tulisan cina yang dipahat pada bongkahan batupasir, dekat aliran sungai kecil dan tidak jauh dari pemukiman penduduk atau berjarak 76 m dari tepi pantai. Pahatan huruf cina ditemukan pada 2 (dua)  bongkohan batupasir, berikut penjelasan masing-masing:

Prasasti Pasir Cina 1

Prasasti Pasir Cina pertama berada dibagian atas dan dipahat pada bongkahan batu pasir, berukuran panjang 2, 6 m, lebar 1,7 m, dan tinggi 1,1 m, pada sisi bagian depan terdapat ditulis cina “Qing” yang artinya bersih atau pada sisi tenggara tulisan “Qing” terdapat pahatan berbentuk kotak persegi berukuran 25 cm x 25 cm dan memberikan garis vertical dan horizontal pada sisi tengah bidang, sekilas tampak bidang ini menyerupai diagram arah mata angin yang terdiri delapan arah mata angin. Namun demikian, arah mata angin antara bidang persegi tersebut dengan arah mata angin pada kompas tidak sama.

Prasasti Pasir Cina 2

Prasasti Pasir Cina 2 berada tidak jauh dari Prasasti Pasir Cina yang pertama berjarak 1 m, namun Pasir Kapal 2 berada dibawah, Prasasti Pasir Cina 2 dipahat pada batu pasir dengan ukuran  panjang   2,7 m, lebar 1, 2 m, dan tinggI 1 m. Dari hasil penelitian Balar Kalsel, tulisan cina yang dipahat mempunyai arti “Quan Shi” artinya air mancur (Hindarto, 2010:31).

Sumber: Laporan “Kajian Pelindungan Objek Yang Diduga Cagar Budaya di Kecamatan Kepulauan Karimata Kabupaten Kayong Utara Provinsi Kalimantan Barat” Balai Pelestarian Cagar Budaya Kalimantan Timur, 2019

TINGGALKAN KOMENTAR