Patung Batu Kecamatan Karangan

0
97
Perjalanan Menuju Lokasi Patung Batu

Kecamatan Karangan adalah bagian dari Wilayah Kabupaten Kutai Timur dengan luas wilayah 2.413,47 Km2  yang merupakan hasil pemekaran Kec.  Sangkulirang pada akhir tahun 2005 menjadi 2 (dua) kecamatan yaitu Kec. Sangkulirang dan Kec. Karangan. Terdiri dari 7 (tujuh) desa yaitu desa Pengadan, desa Baay, desa Karangan Dalam, desa Batu Lepoq, desa Mukti Lestari, desa Karangan Hilir dan desa Karangan Seberang  (BPS,  2018).  Akses  menuju  Ibukota  Kecamatan  Karangan  dari  Kota Sangatta dapat ditempuh melalui jalan darat menggunakan roda dua dan roda empat. Waktu  perjalanan  yang  ditempuh  +  6  jam  perjalanan  ke  arah  Timur  Laut  kota Sangatta.

Informasi awal dari masyarakat disebutkan bahwa telah ditemukan fragmen gerabah di KM 17. Labenda-benda peninggalan jaman Jepang seperti kura-kura beton, patung beton, dan tugu beton. Lokasi yang disebutkan masayarakat berjarak sekitar 3 km dari Desa Lamin Pulut. Berikut akan diuraikan mengenai hasil observasi yang sudah dilaksanakan.

Masyarakat menyebut peninggalan ini dengan nama patung batu. Berdasarkan hasil observasi, lokasi patung batu terletak pada  zona  50  M dengan  koordinat  x  = 417550  dan  y  =  9999667.  Lokasi  ini berada di kebun sawit PT. Manunggal adi Jaya tepatnya di lereng bukit dengan ditumbuhi tanamam perdu dan paku- pakuan.

Patung batu berdasarkan hasil observasi merupakan bongkahan batu alam berwarna putih terbentuk dari sedimen yang    terawetkan   sekian    lama.   Batu mempunyai dimensi panjang 168 cm dan lebar 72 cm. Batu tersebut berdasarkan pengamatan membentuk guratan dan alur sehingga secara kasat mata seperti batu olahan. Namun berdasarkan analisis jejak pakai tidak ditemukan bekas pengerjaan atau pemangkasan pada batu tersebut