Sekilas tentang Museum Sadurengas dan Masjid Jami Nurul Ibadah, Kabupaten Paser

0
2551

Museum Sadurangas dan Masjid Jami Nurul Ibadah adalah bangunan Cagar Budaya tingkat nasional yang ada di Kabupaten Paser.

Fungsi awal bangunan Museum Sadurangas merupakan kediaman Raja Paser bernama Aji Tenggara yang menempati rumah pada 1844-1873. sedangkan letak masjid Jami Nurul Ibadah berada tepat di samping Istana (Museum Sadurangas).

Pada awal abad 19, Sultan Ibrahim Khaliluddin membeli rumah saudaranya dijadikan Kuta Imam Duyu Kinalenja dalam bahasa Paser artinya rumah kediaman pemimpin yang bertingkat atau umumnya disebut keraton.

Masjid saat itu bukan hanya digunakan untuk sarana ibadah, tapi juga tempat berkumpul dan musyawarah membahas permasalahan di masyarakat. Pengurus Masjid Nurul Ibadah Ahmad Jamil mengaku masih ingat saat orang tua dulu banyak menghabiskan waktunya di masjid.

Sebelum orang mengenal pengeras suara seperti sekarang, pemberitahuan waktu shalat dengan memukul beduk, sekaligus menandai akan dikumandangkannya suara adzan oleh muadzin dari menara Masjid Nurul Ibadah.