Gambar Cadas Sangkulirang- Mangkalihat

0
683

Gambar Cadas Sangkulirang- Mangkalihat

Gambar Cadas Sangkulirang Mangkalihat yang saat ini  menjadi perbincangan para peneliti dan pemerhati budaya di Indonesia maupun mancanegara.

Sudah sejak lama Kawsan Karst Sangkulirang- Mangkalihat dikenal sebagai salah satu tempat ditemukanya gambar cadas atai gambar prasejarah pada dinding dan langit-langit yang ada di kasrt. Dari hasil penelitian terbaru terkait usia dari gambar cadas yang ada di Karst Sangkulirag-Mangkalihat berusia 40.000 tahun.

Kerja sama peneliti arkeologi tentang gambar cadas yang dilaksanakan Puslit Arkeologi Nasional, Universitas Griffith dan Institut Teknologi Bandung(ITB) dan Balai Pelestarian Cagar Budaya Kalimantan Timur mengungkap gambar cadas tertua di dunia yang berusia 40.000 tahun berada di pegunungan karst Sangkulirang-Mangkalihat, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur.

Gambar Cadas Sangkulirang- Mangkalihat sangat mungkin dibuat oleh ras penutur Autronesia yang bermata pencaharian berburu dan meramu tingkat lanjut. Diperkirakan oleh para peneliti bahwa orang-orang ini telah berimigrasi sejak puluhan ribu tahun dengan berjalan kaki dari arah Asia ke selatan menyusuri bagian timur paparan sunda dan akhirnya sampai ke daerah Sangkulirang.

Ladang perburuan berupa padang savana dengan buruan utama berupa mamalia dalam ukuran besar seperti babi dan rusa dapat tergambarkan pada  adegan yang ada dinding karst dalam gua. Meraka juga menggambarkan binatang banteng, trenggiling dan tapir yang sudah punah, kemungkinan binatang yang digambar bukan untuk dikonsumsi melainkan sebagai pemujaan.

TINGGALKAN KOMENTAR