Jelajah Situs Cagar Budaya

0
819

Jelajah Situs Cagar Budaya pada Kemah Budaya Majapahit 2018 dilaksanakan hari Sabtu 15 September 2018, diikuti kurang lebih 58 regu. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenalkan situs purbakala  di Kawasan Cagar Budaya Trowulan kepada generasi muda terutama di kalangan Pramuka.

Rute yang dilalui kegiatan ini adalah Unit PIM – Makam Putri Campa – Candi Minakjinggo – Situs Sumur Kuno Nglinguk. Sesampainya di situs, para peserta disambut oleh para juru pelihara. Mereka memperkenalkan diri dan juga menjelaskan latar sejarah dari situs yang mereka jaga.

Untuk menambah semangat para peserta jelajah, panitia  membuat sebuah permainan bernama “Menemukan Surya Majapahit”. Pada permainan ini,  setiap regu yang berisi 3 orang berlomba-lomba untuk menemukan pin Surya Majapahit yang sebelumnya telah

disembunyikan di belakang Arca Wisnu Naik Garuda. Di setiap situs, tiap regu mendapat gulungan kertas berisi pertanyaan seputar sejarah, dimana jawaban-jawaban tersebut merupakan kata kunci lokasi tempat disembunyikannya pin tersebut. Permainan ini dimenangkan oleh tim sangga putra dari SMKN 1 Dlanggu. Belajar dengan cara bermain seperti ini diharapkan lebih merangsang generasi muda untuk lebih menyukai pembelajaran sejarah dan budaya. (Eva NSD.)

 

Jelajah Situs di Makam Putri Campa

 

Jelajah Situs Sumur Kuno Nglinguk