You are currently viewing Situs Sawitan, Satu Lagi Situs Batu Bata Di Kabupaten Magelang

Situs Sawitan, Satu Lagi Situs Batu Bata Di Kabupaten Magelang

Kabupaten Magelang memiliki potensi besar berupa situs-situs dengan struktur bangunan berbahan batu bata. Salah satu situs tersebut adalah Situs Sawitan, yang belokasi di Desa Sawitan, Kecamatan Mungkid, Kab. Magelang tepatnya pada koordinat S7°  35’47.88” E110° 13’ 03.69”. Struktur bangunan ini sudah tidak tampak dan hanya ditemukan beberapa fragmen batu bata.

Situs Sawitan merupakan daerah persawahan, dan lebih kurang 30 meter terdapat aliran sungai yang membentang dari utara ke selatan. Di sekitar temuan batubata tersebut terdapat mata air yang dangkal. Adapun di lokasi ini ditemukan beberapa fragmen batubata dan tidak ditemukan struktur yang masih insitu, karena telah tertransformasi melalui kegiatan penggalian liar. Adapun batubata tersebut berukuran tebal 9 cm. Selain itu juga ditemukan 1 buah batubata (bagian sudut) dan sekarang disimpan di rumah Sdr. Madug, Sawitan, Mungkid.

Lumpang berukuran panjang 90 cm x lebar 80 cm dan tebal 47 cm. Kondisi lumpang masih relatif utuh mengingat lokasi ini tidak banyak dijamah orang. Batu Lumpang yang berada di lahan milik Dulbari, Sawitan termasuk tidak banyak dijumpai karena memiliki 2 buah lubang penumbukan. Di sebelah barat daya kurang lebih berjarak 258 meter terdapat batu lumpang terbuat dari batu andesit, lumpang ini terletak di lahan milik Dulbari. Dari bentuknya lumpang ini memanfaatkan batu alam dengan mengerjakan sisi-sisinya, hal ini tampak pada bagian bawah lumpang masih dibiarkan apa adanya.

Lupang

Temuan fragmen bata Situs Sawitan, tidak diketemukan temuan insitu, namun terdapat batu bata dengan ukuran tebal 9 cm, selain itu pula terdapat  satu batubata yang dibentuk dengan ornamentasi (disimpan masyarakat). Dari data tersebut diketahui bahwa bata tersebut merupakan bata kuna. Dan berdasarkan keterangan masyarakat setempat dilokasi ditemukannya bata tersebut terdapat bangunan dengan struktur batubata. Namun berdasarkan informan yang ditemui mengatakan bahwa telah terjadi penggalian liar 2 tahun yang lalu di lokasi tesebut.

Situs Sawitan ini diperkirakan dipakai pada masa klasik yaitu masa yang dipengaruhi Hindu – Budha. Berdasarkan beberpa temuannya, situs ini belum bisa diketahui fungsinya pada masa lalu namun data diatas dapat menambah bukti penggunaan bahan batu bata pada masa klasik Jawa Tengah. Selain itu, Situs Sawitan juga dapat menunjukkan bahwa wilayah tersebut telah disentuh peradaban manusia sehingga menambah bukti persebaran jejak – jejak masa lalu di Jawa Tengah.

Leave a Reply