BPCB Jateng Tetap Lakukan Perawatan Cagar Budaya Saat Ditutup

0
70

Klaten – BPCBJateng Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah (BPCB Jateng) tetap melakukan perawatan dan pengamanan di seluruh cagar budaya yang dikelolanya saat ditutup dalam rangka mengurangi penyebaran Virus Corona. Kegiatan perawatan dan pengamanan juga dilakukan di sejumlah cagar budaya yang dikelola oleh pihak lain namun terdapat juru pelihara dari BPCB Jateng seperti masjid, makam dan gereja.

Sebagian besar cagar budaya yang dikelola penuh oleh BPCB Jateng merupakan situs dan candi sehingga berawatan berupa pembersihan lingkungan dan pembersihan batu. Para juru pelihara secara terjadwal melakukan semua perawatan rutin ini. Selain kegiatan perawatan rutin, para juru pelihara juga wajib melakukan tugas tambahan yaitu penyemprotan disinfeksi pada situs dan candi. Para juru pelihara yang bertugas di masjid, makam, gereja juga tetap melakukan pekerjaan rutinnya. Bahkan selama kasus penyebaran Virus Corona, mereka bekerja lebih ekstra dalam hal pembersihan. Warto, Juru pelihara Masjid Wonokerso, Kabupaten Wonogiri merupakan salah satu contohnya. Setelah masjid selesai digunakan sholat, Warto segera melakukan kegiatan pembersihan.

Untuk menjamin keamanan cagar, BPCB Jateng juga tetap mensiagakan tenaga keamanan seperti hari – hari biasa. Kegiatan pengamanan cagar budaya dilakukan 24 jam. BPCB Jateng juga mempunyai sejumlah polisi kusus cagar budaya yang siap untuk mendukung pengamanan cagar budaya. Masyarakat Jawa Tengah tidak perlu kuatir tentang kelestarian cagarbudaya kita. BPCB Jawa Tengah akan terus menjaga dan merawat disaat upaya – upaya pencegahan penyebaran Virus Corona.

TINGGALKAN KOMENTAR