Ingin Munculkan Tinggalan Ke Permukaan, BPCB Banten Lakukan Pengupasan di Sebelah Utara Keraton Surosowan

0
248
Survei Akhir Sebelum Pengupasan

Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten (BPCB Banten) berencana untuk memunculkan tinggalan-tinggalan yang masih terkubur di lapisan tanah di Kawasan Banten Lama, tepatnya di sebelah utara Keraton Surosowan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang sejarah masa lalu Kesultanan Banten lewat tinggalan in situ.

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa di Kawasan Cagar Budaya Banten Lama masih sangat banyak tinggalan yang belum muncul ke permukaan. Berdasarkan ekskavasi tim BPCB Banten yang dilakukan pada tahun 2018, terdapat beberapa struktur di lokasi tersebut (sebelah utara Keraton Surosowan). Struktur-struktur tersebut diduga merupakan bagian dari pancaniti; srimanganti, dan dugaan pondasi gapura.

Untuk mendapatkan kepastian dari dugaan sementara tersebut, maka BPCB Banten melakukan pengupasan lanjutan di lokasi tersebut. Pengupasan kali ini lebih luas dan menyeluruh. Waktu pengupasan pun jauh lebih lama, 120 hari. Hasil dari pengupasan ini nantinya akan ditunjukan pada masayarakat luas. “Hasilnya (pengupasan) akan terkait ke arah pemugaran atau pengembangan. Karena kita ingin membuka secara keseluruhan area yang akan dikupas…” jelas Kepala Seksi Pelindungan, Pengembangan dan Pemanfaatan dalam rapat arahan teknis pengupasan sebelah utara Keraton Surosowan, Senin 17/6/19 di ruang rapat BPCB Banten.

Lokasi dengan batas garis kuning merupakan lokasi pengupasan (Sebelah utara Keraton Surosowan)

Semoga kegiatan pengupasan ini berlangsung dengan lancar. Semoga tujuan akhir dari pelestarian juga tercapai : memberikan manfaat sebesar-besar untuk kemakmuran rakyat. Tidak hanya makmur secara material namun juga makmur secara moral dan pengetahuan. Semoga. **YR

 

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR