Pengupasan Sebelah Utara Keraton Surosowan, BPCB Banten Resmi Jalin Kerja Sama dengan Universitas Indonesia

0
208
Rapat Teknis Pengupasan Sebelah Utara Keraton Surosowan BPCB Banten - UI

Setelah sebelumnya (25/3/2019) dilakukan penjajagan kerja sama antara Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten (BPCB Banten) dengan Departemen Arkeologi Universitas Indonesia (UI) untuk rencana pengupasan lahan di sebelah utara Keraton Surosowan, Kawasan Banten Lama, hari ini Senin 17/6/2019  kerja sama itu resmi terjalin. Bertempat di ruang rapat BPCB Banten, kerja sama resmi dimulai. Tim Universitas Indonesia bersama tim BPCB Banten melakukan rapat teknis kegiatan pengupasan sebelah utara Keraton Surosowan.

Kepala Departemen Arkeologi UI, Dr. Ninny Soesanti Tedjowasono, S. S., M. Hum. menyambut baik kerja sama ini “Kami merasa bangga dan terhormat, kami bisa kembali ke situs yang dekat, ini merupakan suatu nilai tambah juga untuk kami karena ke depan kurikulum kami 3 sks magang intensif, selain KKl tentunya…Kami menyambut baik kerja sama ini…kami berharap ini tidak berhenti sampai di sini, tapi juga bisa menjadi penelitian tugas akhir mahasiswa kami.” Ungkap Ibu Ninny dalam rapat teknis yang saat itu didampingi rekan dosen Chaidir  Azhari, M. Hum. .

Observasi Lapangan Sebelum Pengupasan

Kegiatan pengupasan akan dilaksanakan selama 120 hari. Untuk menjaga stamina seluruh tim, maka proses pengupasan akan dibagi menjadi beberapa shift per 2 minggu. Pada shift pertama yang dimulai pada hari ini, Senin 17/6/2019 hanya ada tiga mahasiswa yang terlibat, yaitu Varistha, Yohann Marshel F. S., dan Deddy Setiawan. ”Shift kali ini baru tiga orang mahasiswa, shift selanjutnya akan lebih banyak. Kami juga mohon bimbingan dari temen-temen BPCB….” Lanjut Ibu Ninny.

Semoga kerja sama BPCB Banten – UI ini akan terjalin dengan baik, dan tidak berhenti sampai di sini. **YR

 

TINGGALKAN KOMENTAR