“Berguru pada Ki Hadjar Dewantara”, Sajian Khusus dari Kemendikbud

0
1183

Jakarta – Masih dalam rangkaian acara Hari Pendidikan Nasional 2018 “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan pertunjukkan Ketoprak dengan lakon “Berguru pada Ki Hadjar Dewantara”. Tidak seperti lakon pada umumnya, pertujukkan Ketoprak kali ini dimainkan oleh para pejabat Eselon I dan Eselon II di lingkungan Kemendikbud, seperti Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Didik Suhardi, plt Inspektur Jenderal Kemdikbud Totok Suprayitno, Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid. Turut bermain dalam lakon tersebut Maudy Kosnaedi dan Marcella Zalianty.

“Berguru pada Ki Hadjar Dewantoro” adalah sebuah lakon pertunjukkan yang menceritakan tentang perjuangan 3 sekawan yang ingin bersekolah di Taman Siswa milik Ki Hadjar Dewantara. Cerita dimulai ketika Ki Hadjar Dewantara mendeklarasikan untuk mendirikan Taman Siswa bersama dengan rekan-rekannya, dan kemudian informasi tersebut tersebar melalui siaran radio dan terdengar oleh 3 sekawan tersebut. Dalam perjalana  mereka menuju Taman Siswa, berbagai kendala mereka temui sampai akhirnya ketiga sekawan tersebut sampai dan menempuh pendidikan di Taman Siswa dan diajar oleh Ki Hadjar Dewantara.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi juga berkesempatan untuk memberikan apresiasi kepada para pelaku Sejarah, baik perseorangan dan komunitas, diantaranya adalah  Komunitas Indo Historia, Temanku Lima Benua, dan guru Sejarah berdedikasi Aries Eka Prasetya.

Artikel SebelumnyaHardiknas 2018: Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan
Artikel BerikutnyaPengenalan dan Praktek Gotong Royong Untuk Memperkokoh Karakter Generasi Muda