You are currently viewing Ajur-Ajer Tan Luluh dalam Tlatah Bocah

Ajur-Ajer Tan Luluh dalam Tlatah Bocah

Magelang – Daerah Muntilan, Jawa Tengah memiliki sebuah acara seni tahunan menarik yang melibatkan komunitas dan anak-anak di sekitar daerah Jawa Tengah. Acara ini bernama Festival Tlatah Bocah. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2010. Tahun ini, Festival Tlatah Bocah diselenggarakan di Pos Gowok, Magelang, Jawa Tengah, 27 – 28 Agustus 2016.

Tlatah Bocah 2016

Gunawan Juniarto, selaku tetua adat di Pos Gowok mengatakan bahwa kesenian tradisional harus dilestarikan. “Kegiatan ini melibatkan anak-anak yang bertujuan untuk melestarikan kesenian secara turun-temurun,” ujar Gunawan Juniarto.

Upaya melestarikan kesenian tradisional ini juga memberikan apresiasi kepada para peserta festival berupa Beasiswa Ayam. “Peserta yang sudah mengikuti kegiatan ini selama 7 kali berturut-turut akan kami apresiasi dengan memberikan 3 ekor ayam untuk dipelihara, paket sekolah, dan juga uang tunai,’ jelas Gunawan Juniarto.

_MG_0928

Festival Tlatah Bocah 2016 mengangkat tema “Ajur-Ajer Tan Luluh” yang berarti secanggih dan semaju apapun kehidupan saat ini, budaya harus tetap dilestarikan. Selain menampilkan beberapa kesenian, seperti tari, wayang, ketoprak, teater, dan musik, dalam festival ini juga disajikan beberapa permainan tradisional, seperti ayunan bambu dan ayun ombak.

Tinggalkan Balasan