Indonesia Raya dan Hari Musik Nasional

0
306

Jakarta – Dalam rangka mendukung Hari Musik Nasional (HMN) tanggal 9 Maret 2017 yang ditetapkan berdasarkan hari kelahiran Wage Rudolf Supratman, Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan akan melakukan perekaman tutorial lagu mahakarya komponis kelahiran Jakarta tersebut, lagu kebangsaan Indonesia Raya. Tutorial Lagu Kebangsaan Indonesia Raya menyajikan cara membawakan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dengan baik dan benar sesuai versi asli dalam aturan yang memayunginya.

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid dalam kesempatan Perayaan Sumpah Pemuda tahun 2016 menyinggung hal tersebut. Ia menyampaikan bahwa dalam setiap upacara atau kegiatan resmi Pemerintah, lagu Indonesia Raya dinyanyikan bersama, sudah menjadi kegiatan rutin, tapi banyak yang tidak tahu cara menyanyikan dengan baik dari lagu kebangsaan ini.

Salah satu yang jarang diketahui adalah jumlah stanza didalamnya. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya pada aslinya memiliki tiga stanza atau tiga baris lirik yang berbeda-beda. Rekaman tutorial oleh 72 pemain orkestra Orkestra dan 228 Paduan Suara akan menyajikan lagu Indonesia raya dalam tiga stanza dan  juga 1 stanza dalam bentuk sekarang. Lagu kebangsaan Indonesia Raya akan disajikan dalam lima versi; Unisono, Orkes Simphony, Orkes Harmony, Orkes Fanfare, serta iringan piano.

Direktorat Jenderal kebudayaan juga akan menyelenggrakan Focus Group Discussion (FGD) untuk mensosialisaikan sejarah dan versi asli lagu yang pertama kali dinyanyikan dalam Kongres Sumpah Pemuda II tersebut. FGD dilakukan di lima kota; Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Pemilihan lima kota tersebut juga bukan tanpa alasan. Jakarta dipilih karena tempat dimainkannya pertama kali. Yogyakarta, arsip-arsip lagu Indonesia Raya banyak tersimpan di Museum Kusbini. Makassar menjadi tempat WR. Supratman diberikan biola oleh pamannya. Perekaman pertama kali lagu Indonesia Raya dilakukan di Medan. Surabaya, WR. Supratman meninggal di kota tersebut.

Puncak acara adalah Grand Launching rekaman pada tanggal 28 Otober 2017, bertepatan dengan perayaan Sumpah Pemuda ke-89. Pada kesempatan tersebut juga akan diadakan Seminar Nasional  Indonesia Raya.

Ditemui di gedung Kemdikbud, Kasubdit Seni Media, Edi Irawan mengatakan bahwa rekaman lagu tutorial Indonesia Raya akan disebarkan dalam bentuk CD ke sekolah-sekolah dan di Upload di Laman Kebudayaan. Selain tutorial lagu, Direktorat Jenderal Kebudayaan juga akan menerbitkan buku tentang sejarah lagu Indonesia Raya.

TINGGALKAN KOMENTAR